Truk Masih 'Mengular', Pertamina Jalin MoU Dengan BIN, DIsusul Polda dan Korem

Truk Masih 'Mengular', Pertamina Jalin MoU Dengan BIN, DIsusul Polda dan Korem

Pertemuan Dengan Pihak Terkait Dipimpin PJ Gubernur Babel.--

BABELPOS.ID. Hingga saat ini, antrian truk untuk mendapatkan solar subsidi, masih terus 'mengular' di beberapa SPBU daerah ini.  Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Safrizal ZA menyatakan, untuk itu pihaknya dengan pihak terkait akan terus berupaya mencarikan solusi.

Sementara itu, Sales Area Manager Pertamina Babel, Adeka Sangtraga Hitapriya menyatakan, pihaknya saat ini tengah men-develop aplikasi yang bertujuan untuk mengawasi konsumsi solar bersubsidi khusus supir truk. Sehingga nantinya dapat mempermudah serta mendisiplinkan orang-orang yang mungkin saja akan bertindak curang.

"Kami masih dalam proses develop aplikasinya. Mungkin butuh waktu sekitar 3 bulan-an, dan semoga bisa lebih cepat," kata Adeka.

Selain lewat aplikasi, lanjut perwakilan Pertamina ini, untuk membantu mengawasi serta mengamankan, pihaknya baru saja menandatangani MoU bersama BIN (Badan Intelejen Negara). Dan akan dilanjutkan untuk menemui pihak dari Polda dan Korem Babel.

Pj. Gubernur Safrizal ZA menanggapi ini, juga menyarankan agar aplikasi tersebut nantinya bisa mendeteksi kemana saja mobil-mobil truk tersebut. Dilengkapi semacam GPS agar bisa dideteksi melalui aplikasi. Sehingga pihak pertamina pun dapat memantau, bahwa BBM subsidi yang diberikan secara prioritas tersebut memang digunakan oleh orang yang berhak mendapatkannya.

BACA JUGA:Pengembangan Aplikasi Pengawasan Konsumsi Jadi Solusi Masalah Solar RSTI

"Nanti kalau bisa di aplikasinya itu mendeteksi, mobil truk bapak-bapak ini kemana. Jangan nanti malah pergi ke pantai atau ke tempat yang memang bukan jalur kerjanya. Kan, kalau seperti itu, solar yang seharusnya bisa digunakan sampai Mentok misalnya, malah kurang," ujarnya.

Didampingi oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kep. Babel Ahmad Yani Hazir, dalam rapat tersebut Pj Gubernur juga meminta agar beberapa pihak baik itu Dinas ESDM, Pihak Pertamina, maupun komunitas sejenis RSTI dapat saling bersinergi. Dirinya juga berpesan agar memperhatikan ketersediaan BBM maupun Gas Elpiji dalam kondisi aman, karena hal ini juga berkaitan erat dengan permasalahan inflasi.

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Safrizal ZA dalam pertemuan dengan pihak terkait, termasuk pihak  Romantika Supir Truk Indonesia (RSTI).(red/rel)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: