Gandeng BRIN, BPJ Dorong UMKM Belitung Terus Berkembang dan Maju

Gandeng BRIN, BPJ Dorong UMKM Belitung Terus Berkembang dan Maju

BPJ Bersama UMKM Belitung.--

BABELPOS.ID.- BELITUNG - Anggota DPR RI Bambang Patijaya mendorong bertumbuhnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bangka BELITUNG. Terkini, tokoh politik nasional yang berlatar belakang wirausaha itu, kembali menghadirkan pelatihan manajemen bisnis bagi para peminat UMKM di BELITUNG.

Memboyong pemateri dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), pelatihan manajemen bisnis UMKM ini, berlangsung Senin, 20 November 2023. Ratusan peserta memadati dua lokasi acara yang diadakan di Simpang Pesak Belitung Timur, dan Tanjung Kelayang Belitung.

Bambang Patijaya menuturkan, Belitung yang dikenal sebagai daerah pariwisata, harus ditopang dengan eksistensi UMKM-nya. UMKM menjadi penyangga perekonomian, khususnya di sektor ekonomi kreatif.

BACA JUGA:Mata Romailah Berkaca-kaca Lihat Sang Ibu Terima Kursi Roda dari Yayasan BPJ Peduli

"Wirausaha-wirausaha UMKM baru yang rencananya kita hasilkan dari acara-acara seperti ini, kita perkuat dengan pengetahuan teknis mereka dan juga penguatan ketangguhan mental juang dari pelaku UMKM, dengan dibekali pengetahuan-pengetahuan teoretis. Jejaring mereka melalui kebersamaan dalam melakukan kegiatan-kegiatan pelatihan ini juga terbangun," tutur Bambang. 

Pemateri dari BRIN, Indra, membekali peserta pelatihan dengan aspek teknis beserta tips bagi para pelaku UMKM di Belitung, untuk bisa sukses berniaga.

Dikatakannya, aktivitas bisnis saat ini makin bergerak ke tren digital, dan UMKM harus mempertimbangkan rencana usaha ke depan dengan berbasis online. Apalagi, lanjut dia, berbagai platform e-commerce telah tersedia. 

BACA JUGA:Di UI, BPJ Tegaskan Hilirisasi Mineral Harus Menuju Industrialisasi

Berbagai tips manajemen bisnis, seperti kemasan, merek, hingga pengelolaan pembukuan keuangan yang profesional juga disampaikannya. 

"Diharapkan dengan adanya bimbingan teknis ini, akan memunculkan wirausaha baru yang akan tumbuh dan berkembang, mengembangkan usahanya dengan kreatif dan inovatif memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia," ujar dia. 

Diah, salah seorang peserta pelatihan manajemen bisnis UMKM itu, mengatakan dirinya sangat terbantu dengan materi-materi yang disampaikan. Dia pun merasa makin percaya diri dalam menekuni usaha keripik sukun yang telah mulai dirintisnya.

BACA JUGA:Kunjungi Tanjung Ketapang, BPJ Bagikan Mesin Konverter Bagi Nelayan

"Saya kepikiran untuk mengembangkan berbagai varian rasa dalam olahan keripik sukun. Tampilan kemasan dan strategi pemasaran, jadi perhatian.  Terima kasih Pak Bambang Patijaya dan BRIN yang telah menghadirkan acara ini," ujarnya.(RED/REL)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: