Titik Nol, Jadi Pusat Objek Wisata Ibukota Provinsi Babel, Pangkalpinang

Titik Nol, Jadi Pusat Objek Wisata Ibukota Provinsi Babel, Pangkalpinang

Gereja Marantha, Masjid Agung kubah Timah, Alun-alun Taman Merdeka, dan Titik Nol Kilometer.--

Tugu Nol Kilometer 

Tugu titik Nol Pulau yang bersebelahan dengan rumah dinas Walikota Pangkalpinang, diresmikan Walikota Pangkalpinang H. Maulan Aklil, S.IP, M.Si 01 Januari 2021.

Tugu Nol Kilometer berbentuk koin yang disebut Picis Van Pangkalpinang. Koin tersebut dahulu dipergunakan di Kota Pangkalpinang pada tahun 1217 Hijriah atau 1802 Masehi. Tugu ini berdiameter 4,8 meter dengan berat kurang lebih 600 Kilogram.

Di Tugu ini pada bagian depan koin yang menghadap ke Jalan bertuliskan Arab Melayu “Haza Falus Pangkalpinang” yang berarti “Ini Uang (Kongsi) dari Pangkalpinang” sedangkan pada bagian belakang yang menghadap ke rumah dinas Walikota bertuliskan Hakka “Bing Lang Gong Si (Pin Long Kung Se)” yang berarti “Berkembang dan maju secara nyata”.

BACA JUGA:Imlek Bersama di Rumah Dinas, Wako Molen: Kebersamaan dari Titik Nol

Nyantai di ATM

Ketika pemerintahan Belanda, lokasi ini dinamakan Alun-alun Selatan. ketika merdeka menjadi Lapangan Merdeka.

Tahun 2011 dikembalikan namanya kembali menjadi Alun-alun Taman Merdeka (ATM). Alun-alun Taman Merdeka merupakan pusat aktivitas berbagai kegiatan/event di kota Pangkalpinang dan selalu ramai dikunjungi.  Bahkan pada malam hari menjadi pusat warga untuk berkumpul disertai dengan banyaknya kuliner yang tersaji.  

ATM sudah menjadi pusat keramaian di Kota Pangkalpinang.

Sebenarnya, objek di lokasi yang sama masih ada, seperti Taman Sari.  Di sisi lain, ada juga beberapa hotel tidak jauh dari pusat Kota ini.(red)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: