PT Timah Tbk Dukung Penyebaran Informasi Hadra Belitong Melalui Festival Nepak Bedulang 2023

PT Timah Tbk Dukung Penyebaran Informasi Hadra Belitong Melalui Festival Nepak Bedulang 2023

--

BABELPOS.ID, BELITUNG TIMUR - PT Timah Tbk berperan aktif dalam mendukung pelestarian adat, budaya, dan seni masyarakat di wilayah operasional Perusahaan. Salah satunya dengan mendukung Festival Nepak Belulang 2023 di BELITUNG TIMUR.

Festival Nepak Belulang 2023 akan digelar di Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Kecamatan Manggar Belulang pada 22-24 September 2023. Melalui festival ini, PT Timah Tbk turut serta melestarikan kesenian masyarakat.

BACA JUGA:Sukseskan Seleksi PPPK 2023, Panselda Bangka Tengah Sudah Terbentuk, Ini Opsi Lokasi Tes

Sebelumnya, anggota industri pertambangan MIND ID juga sering mendukung kesenian daerah seperti sekolah qasidah, hadrah, dan silat di wilayah operasional PT Timah Tbk.

Pendamping Kebudayaan Desa Lalang Wira Sudarma mengatakan, Festival Nepak Belulang merupakan pengembangan dan pemanfaatan potensi budaya Hadrah Belitong dengan cara diseminasi yaitu untuk memperluas informasi kepada masyarakat umum.

BACA JUGA: Ditikam, Darah Berceceran. Asmara Desa Airuai Terkapar dan Tewas

Festival Nepak Belulang digagas oleh desa budaya Lalang pada tahun 2022, bermula dari kegiatan identifikasi potensi budaya desa yang mulai dilakukan pada tahun 2021. Hal ini juga merupakan bagian dari program bantuan pemajuan budaya desa dari Kementerian. Pendidikan dan Kebudayaan, dari kegiatan ini ditemukan lebih dari 10 potensi budaya.

“Dari sekian banyak potensi budaya, kami memilih potensi budaya hadra Belitong khususnya hadra ma'indi untuk dikembangkan dan dimanfaatkan dengan metode diseminasi dalam bentuk festival bernama Festival Nepak Belulang,” kata Wira Sudarma dalam siaran pers yang diterima Babel Pos, Selasa (26/9/2023). 

BACA JUGA: Sidang Tipikor Sertifikat Trans Jebus. Kesal Jadi Tumbal, Bombom Sempat Kabur Jadi Buronan

Menurut Wira, hal tersebut dimunculkan karena hadra di Desa Lalang telah berkembang selama puluhan tahun, ditandai dengan seperangkat kendang hadra yang diperkirakan berusia 1,5 abad dan Sanggar An-nur hadra di Desa Lalang sudah memasuki generasi terakhir.

Dijelaskannya, pada Festival Nepak Belulang 2023 acara puncaknya adalah melestarikan tradisi pertunjukan ngaso berupa permainan hadra secara kolosal

Selain itu, ada juga penampilan dari Sanggar Pinang Gading, Sanggar Adela, Senam Sehat, Lumbe Ngyun dan Pesta Rakyat.

“Tujuannya untuk membangun ekosistem kebudayaan guna mencapai kesejahteraan masyarakat melalui pemajuan kebudayaan,” jelasnya.

Wira juga mengapresiasi BUMN PT Timah Tbk turut mendukung kegiatan festival tersebut, karena bantuan PT Timah Tbk sangat bermanfaat bagi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: