Perempuan Wajib Tahu! Ini 10 Ciri Kosmetik Berbahaya

Perempuan Wajib Tahu! Ini 10 Ciri Kosmetik Berbahaya

Kosmetik --Ist

Pastikan produk yang Anda beli memiliki NIE yang valid. Anda dapat memeriksa keabsahan NIE melalui situs web resmi BPOM.

BACA JUGA:Vape Bisa Turunkan Gairah Seksual?

4. Terasa Lengket

Jika kosmetik memiliki konsentrasi yang pekat sehingga cenderung terasa lengket dan sulit meresap dengan cepat ke kulit, Anda patut berhati-hati.

Karena itu, sebelum membeli kosmetik ada baiknya untuk mencoba produk di area kecil kulit terlebih dahulu sebelum digunakan ke seluruh wajah.

5. Mengandung Bahan Berbahaya atau Dilarang

Ciri-ciri kosmetik berbahaya menurut BPOM selanjutnya mengandung bahan berbahaya dan dilarang seperti merkuri, hidrokinon, tretinoin atau asam retinoat, dan bahan lainnya yang berbahaya atau dilarang ditambahkan dalam kosmetik.

6. Berbau Logam

Jika kosmetik yang Anda beli berbau logam, itu menandakan kosmetik tersebut mengandung merkuri. Bahkan, ada kalanya produsen kosmetik yang nakal menambahkan pewangi untuk menyamarkan bau logam merkuri pada kosmetik tersebut.

BACA JUGA:Cara Kembalikan Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

7. Berubah Warna Menjadi Gelap

Melansir Women's Health, kosmetik yang mengandung merkuri biasanya berubah warna menjadi abu-abu gelap atau hijau gelap saat terpapar oleh sinar matahari.

Jika hal itu terjadi pada kosmetik yang sedang Anda gunakan, segera hindari pemakaian berlanjut karena bisa memberikan efek berbahaya untuk kulit.

8. Memiliki Tekstur yang Kasar

Tekstur kosmetik yang berbahaya dan mengandung merkuri umumnya memiliki tekstur yang kasar. Selain itu, kosmetik juga memiliki tekstur lengket, tidak lembut, dan biasanya sulit menyatu dengan kulit wajah saat digunakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babel.antaranews.com