Kado Perpisahan Mulkan-Syahbudin: Bangka Kabupaten Terinovatif di Indonesia Tahun 2023

Kado Perpisahan Mulkan-Syahbudin: Bangka Kabupaten Terinovatif di Indonesia Tahun 2023

Bupati Mulkan saat menerima salah satu penghargaan beberapa waktu lalu.--Ist

BABELPOS.ID - Menjelang akhir masa baktinya memimpin Kabupaten Bangka 27 September 2023 nanti, pasangan Bupati Mulkan dan Wakil Bupati Syahbudin memberikan kado perpisahan sangat istimewa untuk Bumi Sepintu Sedulang dengan prestasi bergengsi tingkat nasional: penghargaan sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia tahun 2023.

Dengan raihan prestasi ini, Kabupaten Bangka berhasil “menyapu” bersih seluruh penghargaan bergengsi tingkat nasional di era kepemimpinan Bangka Setara.

Penetapan Kabupaten Bangka sebagai Kabupaten terinovatif melalui surat Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.11/5061/SJ tentang penilaian kepala daerah dalam rangka pemberian penghargaan Innovative Government Awards (IGA) Tahun 2023.

BACA JUGA:Penghargaan Lagi Untuk Bupati Mulkan: ECCNE Award 2023

Kategorisasi penghargaan ini membuktikan inovasi telah menjadi tradisi yang tersistematis dalam membangun tata kelola penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang bersaing tinggi. Penghargaan sebagai kabupaten terinovatif ini berupa penganugerahan Innovative Government Awards yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kabupaten Bangka satu-satunya kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mendapatkan kategorisasi kabupaten/kota terinovatif di Indonesia. Sedangkan untuk wilayah sumatera terdapat hanya 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Bangka, Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Padang Pariaman.

BACA JUGA:Inovasi RSUD Depati Bahrin Raih Dua Penghargaan Pemkab Bangka

Pemerintah pusat akan memberikan penilaian dan penghargaan terhadap inovasi yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat memberikan penghargaan insentif kepada pemerintah daerah yang berhasil melaksanakan praktik-praktik inovatif dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Bupati Bangka Mulkan SH, MH mengapresiasi bahwa praktik inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah telah diperkuat dengan langkah-langkah strategis melalui inovasi yang tersistematis dalam setiap aspek penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Penghargaan ini membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka telah berhasil menumbuhkembangkan dan menyebarluaskan praktik- praktik terbaik inovasi secara konsisten dan berkelanjutan dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan yang berdampak tinggi," ungkap Bupati Mulkan.

BACA JUGA:Selamat... Pemkab Bangka Kembali Raih Penghargaan Top 15 & Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik

Bupati Mulkan juga mengharapkan tradisi praktik-praktik inovasi terbaik dalam penyelengaraan pemerintahan dilakukan secara bekelanjutan serta berdampak tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap agar praktik inovasi terbaik terus dikembangkan secara konsisiten oleh seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah, lembaga masyarakat, perguruan tinggi, pelajar, mahasiswa, pemerintah desa, dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Inovasi harus menjadi gerakan bersama secara konsisten dan berkelanjutan," tambahnya.

BACA JUGA:4 Kali Berturut, Pemkab Bangka Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Stunting Terbaik se Babel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: