Selamat... Pemkab Bangka Kembali Raih Penghargaan Top 15 & Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik

Selamat... Pemkab Bangka Kembali Raih Penghargaan Top 15 & Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik

Bupati Mulkan membuka tabir salah satu program inovasi Pemkab Bangka saat diluncurkan.-Ist -

BABELPOS.ID - Kabupaten Bangka kembali terpilih sebagai kabupaten terbaik dalam kompetisi inovasi pelayanan publik di Indonesia tahun 2023. Penghargaan ini membuktikan inovasi telah menjadi tradisi yang tersistematis dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Penghargaan sebagai kabupaten terbaik inovasi pelayanan publik top 45 dan top 15 penganugerahan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diinisiasi oleh oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

BACA JUGA:Pemkab Bangka Raih Kluster Inovasi Terbaik Kedua se Indonesia Tahun 2023

Pengumuman penghargaan kabupaten terbaik top 45 dan top 15 dalam penyelenggaraan pelayanan publik disampaikan melalui surat Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor B/404/PP.00.05/2023 tanggal 31 Juli 2023 tentang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2023.

Kompetisi diikuti oleh peserta Kabupaten/Kota, Provinsi, Kementerian, Lembaga, BUMN dan BUMD seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Bangka Kabupaten Layak Anak Terbaik 2023 Kategori Nindya

Pada tahun 2023 jumlah yang terdaftar sebanyak 6.110 inovasi sedangkan yang lolos tahap pertama hanya 3.381 inovasi. Inovasi Kabupaten Bangka yang mendapat penghargaan top 45 adalah inovasi Pengelolaan Ekosistem Laut dan top 15 adalah Gerbang Lestari. Kedua inovasi tersebut diinisiasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Bangka dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan pembangunan.

Penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik merupakan anugerah yang 9 kali secara berturut-turut diterima oleh Kabupaten Bangka. Pemerintah pusat telah memberikan penilaian dan penghargaan terhadap inovasi yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat memberikan penghargaan dan/atau insentif kepada pemerintah daerah yang berhasil melaksanakan praktik-praktik inovatif dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. 

BACA JUGA:Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional, Bappeda Bangka Presentasi Finalis T0P 99 & TOP 15

Penghargaan melalui tahapan yang sangat ketat dan panjang mulai Bulan Mei-Juli 2023 dan tahapan penilaian yang akuntabel mulai seleksi administrasi, penilaian proposal oleh evaluator, penilaian presentasi wawancara serta tahapan verifikasi lapangan. Para penelis independen melibatkan para akademisi, para pakar, praktisi media.    

Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH mengapresiasi atas kerja keras dan kerja cerdas Organisasi Perangkat Daerah dalam memproduksi inovasi secara berkualitas dan mampu bersiang di level nasional.

“Salah satu faktor urgensif menentukan progresivitas dan daya saing suatu daerah adalah inovasi. Pemkab Bangka telah merumuskan kerangka kelembagaan yang sangat kuat dan tersistematis agar inovasi menjadi tradisi yang membumi dalam setiap proses bisnis penyelenggaraan pemerintahan,” jelas Mulkan SH, MH.

BACA JUGA:Inovasi Gerbang Lestari Didukung Semua Pihak

Inovasi juga dijadikan gerakan bersama yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan pembangunan pemerintah daerah, perguruan tinggi, perusahaan, pemerintah desa, mahasiswa/pelajar dan komunitas marjinal. Inovasi sebagai kalkulus gagasan baru agar mudah diterima, dan dibutuhkan upaya kolaboratif, repititif, demonstratif, konsistensi, dan diinternalisasi oleh organisasi. Ikhtiar ini membutuhkan komitmen dan keberanian yang kuat. Tambah Mulkan SH, MH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: