Omzet Bisnis Wedang Arum Ratna Melonjak Usai Menjadi Mitra Binaan PT Timah Tbk

Omzet Bisnis Wedang Arum Ratna Melonjak Usai Menjadi Mitra Binaan PT Timah Tbk

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - PT Timah Tbk terus berupaya mendorong kemajuan usaha mitra binaan melalui pelatihan dan promosi produk. Hal inilah yang membuat bisnis Ratna Ningrum Hajariah semakin melejit.

Ratna merupakan pemilik Arum Wedang yang menyediakan berbagai minuman dari berbagai rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ia mulai menjalankan usahanya pada tahun 2018, namun usahanya berkembang pesat setelah menjadi mitra PT Timah Tbk pada tahun 2021.

BACA JUGA:PT Timah Tbk Bersama Grup MIND ID Pamerkan Produk di Acara Proyek Strategis Nasional Sewindu

Berbagai inovasi produk pun ia lakukan, kini ia memasarkan serai, lemon, kunyit, jeruk nipis, asam jawa, wedang uwuh dan minuman herbal lainnya.

Menurut Ratna, usahanya terus berkembang setelah bermitra dengan PT Timah Tbk, omzetnya terus meningkat seiring dengan upaya promosi yang dilakukan perusahaan.

“Saya awalnya menjadi mitra PT Timah Tbk karena diberitahu oleh seorang teman bahwa bisnis saya berkembang karena saya mendapat bimbingan dan bantuan promosi. Jadi saya juga ingin memanfaatkan program mitra tersebut,” ujarnya.

Usahanya tidak sia-sia setelah menjadi mitra PT Timah Tbk. Ia mampu lebih mempromosikan produknya karena sering diundang mengikuti berbagai pameran.

Seiring bertambahnya modal, ia pun mulai menitipkan produknya ke berbagai toko agar bisa didapatkan dengan mudah oleh masyarakat.

Meningkatnya jumlah produksi, kata dia, tentunya juga akan berdampak pada peningkatan omzet. Bahkan bisa meningkat hingga dua kali lipat dari biasanya.

Ia menuturkan, memulai usaha minuman ini karena melihat potensi serai di Bangka yang sangat besar. Namun, hal tersebut belum diolah secara maksimal. Akhirnya minuman serai tersebut diolahnya hingga menjadi minuman kekinian seperti sekarang ini.

“Usaha wedang arum ini saya mulai karena saya mempunyai kebun serai. Awalnya saya hanya menjual serai dan membagikannya ke tetangga. Tapi hasilnya terus dapat banyak. Akhirnya saya mencoba mengolahnya menjadi minuman karena serai banyak manfaatnya. manfaatnya,” ujarnya.

“Kemudian saya mulai mengembangkan minuman ini agar rasa serainya tidak seperti jamu tradisional melainkan untuk menghadirkan cita rasa minuman herbal yang bermanfaat namun ringan. Ternyata ini banyak diminati, sehingga akhirnya saya mulai mengembangkannya ke bumbu-bumbu lainnya seperti jahe dan lain-lain,” ungkapnya.

Bahkan setelah menjadi mitra binaan, ia mengatakan bukan hanya bisnis Wedang Arum saja yang berkembang, namun bisnis mainan yang ia rintis sebelumnya juga ikut berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: