Salat Ied di Pelabuhan Sungailiat, Khotib Ajak Maknai Iduladha dengan Meningkatkan Ketaqwaan

Salat Ied di Pelabuhan Sungailiat, Khotib Ajak Maknai Iduladha dengan Meningkatkan Ketaqwaan

Salah Ied di Masjid Arroqiin Pelabuhan Perikanan Sungailiat.--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Khotib shalat Idul Adha 1444 Hijrah di Masjid Arroqiin kawasan pelabuhan perikanan, Parit Pekir Sungailiat, Bangka, Jaja Sulaiman, mengajak umat Muslim memaknai perayaan Iduladha untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Pengorbanan Nabi Ibrahim AS menyembelih putranya Ismail yang ganti dengan seekor domba, membuktikan ketaqwaan atas perintah Allah SWT," katanya di Sungailiat, Kamis (29/6).

BACA JUGA:Serahkan Hewan Kurban Idul Adha, H.Tumiran Ganefo Ajak Tingkatan Kepedulian Sosial

Salah satu makna dari berkurban adalah berusaha menghilangkan sifat-sifat kebinatangan yang ada pada diri manusia. 

"Manusia tidak pantas dikorbankan dan yang hanya yang pantas dikorbankan adalah binatang. Agama Islam sangat memuliakan nyawa manusia," katanya. 

BACA JUGA:ICDX Care Salurkan 2 Sapi Kurban Berbobot 600 Kg di Bangka dan Belitung

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang sempurna, manusia memiliki sifat malaikat yang taat beribadah, tetapi juga dalam diri manusia ada sifat setan yang suka membangkang perintah Allah SWT.

Sifat yang membangkang perintah Allah SWT seperti yang dilakukan setan laknatullah, kata Jaja Sulaiman yang harus dibuang jauh-jauh dari dalam diri manusia.

"Sifat sombong, takabur, malas mengerjakan perintah Allah SWT seperti shalat, berkorban dan perintah Allah yang lain adalah ciri-ciri dari sifat setan," ujarnya.

BACA JUGA:Kurban 2 Ekor Sapi, Ini Pesan Ketua PDM Basel

BACA JUGA:Dua Jamaah Babel yang Wafat, Satu di Mina, Satu di Pos Kes. Arofah

Melalui perayaan Iduladha, diharapkan menjadi momentum bagi Umat Muslim untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah dan menjauhi segala larangan Allah.(*)

BACA JUGA:Berkurban Cerdas ala Sekdin DLH Basel, Apa Maksudnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: