DPPP Basel Gencar Sosialisasikan Penyakit Rabies

DPPP Basel Gencar Sosialisasikan Penyakit Rabies

Vaksinasi anjing piaraan saat program AIK Bakung.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Pertanian Perikanan Pangan (DPPP) Basel gencar sosialisasikan penyakit menular ke masyarakat, salah satunya rabies.

Hal ini disampaikan oleh Kepala DPPP Basel Risvandika melalui Kepala Bidang Peternakan Nurudin. 

"Kendati di Basel belum ada hewan yang terjangkit tetapi kita tetap gencar menyosialisasikannya," ujarnya, Jum'at (23/06).

BACA JUGA:DPPP Pastikan Hewan Ternak di Basel Bebas PMK

Dalam proses sosialisasi ini pihaknya membuka stand di setiap acara, termasuk Program Aik Bakung atau event event lainnya.

"Stand ini dipersilahkan kepada masyarakat yang ingin memvaksin hewan peliharaannya seperti anjing, kucing maupun kera, agar hewan tersebut terbebas dari rabies dan tidak menulari manusia," tuturnya.

BACA JUGA:Cegah Hama Blas, Ini Langkah DPPP Basel

Dikatakan Nurudin, apabila hewan peliharaan memiliki ciri-ciri berupa suhu panas badan diatas 40 derajat, mata merah, keluar air liur, dan adanya perubahan tingkah laku seperti menyendiri, agresif dan menggigit, agar segera dubawa hewan ke petugas kesehatan DPPP Basel.

"Nanti para petugas akan melakukan pengecekan terhadap hewan tersebut, melakukan karantina di kandang khusus terhadap hewan memiliki ciri-ciri diatas selama 14 hari, setelah dikarantina jika hewan itu terbukti terjangkit rabies maka hewan peliharaan tersebut akan mati," terang Nurudin.

Ia berharap masyarakat yang memelihara hewan agar selalu mengecek atau memvaksin hewan peliharaannya, demi mencegah tertularnya penyakit rabies. (*)

BACA JUGA:DPPP Pastikan Hewan Ternak di Basel Bebas PMK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: