Ini Daftar Juara Lomba Satkamling Polres Bangka Tengah

Ini Daftar Juara Lomba Satkamling Polres Bangka Tengah

--

BABELPOS.ID, KOBA - Polres Bangka Tengah (Bateng) menggelar apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) di halaman Polres Bangka Tengah, pada Rabu (21/6/2023).

Diketahui, apel Ketua Satkamling tahun 2023 digelar secara serentak se-Indonesia, yang mana amanat Kapolri dibacakan langsung oleh Kapolres Bangka Tengah, AKBP Dwi Budi Murtiono, S.IK, MH yang bertindak sebagai inspektur apel.

"Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revilisasi satkamling, dimana situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional," ujarnya.

Dukatakan AKBP Budi, dinamika tantangan tersebut harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

"Untuk itu Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan," tuturnya.

"Program Satkamling ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang presisi, tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program ke 5 dan ke 21, yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pembinaan pamswakarsa," lanjutnya.

Kata Dia, Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para awak Satkamling melalui pelatihan antara lain penjagaan, patroli lingkungan, pembantuan dalam penyelesaian masalah warga serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat.

"Nantinya melalui kegiatan pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tuturnya.

Selain itu, pada kesempatan apel Kasatkamling Polres Bangka Tengah ini juga diumumkan juara lomba Satkamling di wilayah hukum Polres Bangka Tengah yang meliputi 5 wilayah Kecamatan.

AKBP Budi mengatakan penilaian Satkamling dilaksanakan sejak bulan lalu dan berdasarkan penilaian tersebut telah ditentukan pemenang dari pada Satkamling di wilayah hukum Polres Bangka Tengah.

Lebih lanjut, adapun pemenang Satkamling di wilayah hukum Polres Bangka Tengah antara lain Juara 1 Pos Satkamling Bebubu Desa Lubuk Lingkuk dengan skor 2.055, Juara 2 Satkamling Gab Pemuda Parit Kelurahan Sungai Selan dengan skor 1.845, Juara 3 Satkamling Bedukat Desa Kurau Timur dengan skor 1.745 dan Juara Harapan 1 Satkamling Generasi Pemuda Belilik dengan skor 1.670.

"Kami ucapkan selamat kepada pos Satkamling yang sudah masuk penilaian terbaik dan harapan kita nantinya kegiatan Satkamling ini terus ditingkatkan serta akan menjadi mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas wilayah," pungkas AKBP Budi. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: