Menparekraf Sandiaga Dorong Pelaku Ekraf Pangkalpinang Berinovasi

Menparekraf Sandiaga Dorong Pelaku Ekraf Pangkalpinang Berinovasi

Menparekraf Sandiaga Uno memberi pembekalan kepada peserta Workshop KaTa Kreatif di Gedung Tudung Saji Kota Pangkalpinang.--Abot

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno menyempatkan hadir di Kota Pangkalpinang. Kehadiran dia ke Gedung Tudung Saji Kota Pangkalpinang ini guna mendorong pelaku ekonomi kreatif agar terus berinovasi dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. 

Hal ini disampaikan Menteri Sandiaga dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kota Pangkalpinang.

BACA JUGA:Kemenparekraf RI Tetapkan Basel Kawasan Pariwisata Andalan

Ini merupakan lokasi ke-13 dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023.

"Kota Pangkalpinang memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor kuliner, kriya dan seni pertunjukan. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini," urainya.

BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Uno Akan Bawa Keresahan Pj Gubernur Suganda ke Ratas di Istana

Workshop KaTa Kreatif Kota Pangkalpinang dihadiri para pelaku ekonomi kreatif yang berdomisili di Kota Pangkalpinang dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang.

Kemenparekraf/Baparekraf berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dengan bentuk aktivasi kegiatan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif serta inovatif sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya. 

"Salah satunya bentuk aktivasinya adalah penyelenggaraan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia ini. Kemenparekraf/ Baparekraf juga terus memberikan penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kota Pangkalpinang dengan komitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat," ungkapnya.

BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Desa Wisata Tari Rebo

BACA JUGA:Menparekraf Tidak Sangsi Belitung Mampu Menjadi Tuan Rumah G20

Kegiatan workshop ini turut hadir mendampingi Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil. Selain itu, kegiatan workshop diisi oleh narasumber seorang praktisi digital marketing yaitu Syamsul Anan untuk berbagi pengalaman dan memberi materi tentang pengembangan bisnis kreatif melalui digitalisasi di Kota Pangkalpinang.

Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kota Pangkalpinang ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat berdaya saing dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya. Kemudian, dapat meningkatkan sinergisitas antar pemangku kepentingan dalam rangka penguatan jejaring diantara para pelaku ekonomi kreatif.(*)

BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Nonton Film Bangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: