Prodi S1 FKIP UnMuh Babel Raih Akreditasi Unggul

Prodi S1 FKIP UnMuh Babel Raih Akreditasi Unggul

Akreditasi Unggul yang diraih Prodi FKIP UnMuh Babel.--Ist

BABELPOS.ID - Setelah berjuang menyiapkan SDM dan menjalani asesmen lapang, Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (UnMuh Babel) akhirnya berhasil meraih akreditasi Unggul.

Akreditasi ini, merujuk pada Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) Nomor 504/SK/LAMDIK/Ak/S/V/2023, berlaku hingga 9 Juli 2028 mendatang.

Capaian ini mengukuhkan komitmen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar menjadi Prodi yang unggul dan terdepan. Pasalnya, tahun sebelumnya Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar telah terakreditasi B oleh BAN BT, kini menjadi Prodi pertama di FKIP UnMuh BaBel dan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang meraih akreditasi Unggul dari LAMDIK.

BACA JUGA:113 Mahasiswa Unmuh Babel Yudisium, ini Dia Peraih Terbaiknya

BACA JUGA:Kolaborasi Tim KKN Unmuh Babel dan LPHD Kembangkan Fasilitas Air Terjun C2

Capaian ini menunjukkan bahwa budaya yang dibangun prodi telah memenuhi 9 standar kerja yang ditetapkan SN-Dikti.

Ketua Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Romadon., S.T., M.Pd., mengaku di antara kesembilan standar itu, SDM serta Keluaran dan capaian Caturdarma menjadi standar yang paling menonjol.

“Kami sadar bahwa generasi masa depan yang unggul hanya tercipta dari SDM yang unggul pula. Jadi, itu memang menjadi fokus kami, saat ini beberapa dosen juga sedang melanjutkan Studi S3," tuturnya saat ditemui di Prodi PGSD.

BACA JUGA:Hebat! Mahasiswa Unmuh Babel Rebut Emas Kejuaraan Barongsai di Singapura

BACA JUGA:Optimalisasi Peran PKBM, Dosen Unmuh Babel Berdayakan Anak Putus Sekolah Desa Batu Beriga

Seluruh dosen terlibat aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, baik melalui skema pendanaan mandiri, internal, maupun eksternal. Tak hanya itu, hasil penelitian dan pengabdian juga diintregasikan dalam pembelajaran yang berbasis kekinian dan kesinian, sehingga pembelajaran memiliki relevansi mengikuti perkembangan.

Alhasil, dalam kurun 3 tahun terakhir, banyak karya dosen dan mahasiswa telah dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional, dan jumlah sitasi mencapai 1121.

“HaKI yang kami peroleh juga jauh di atas standar minimal yang ditetapkan. Ada 61 HaKI yang kami peroleh dan itu didominasi oleh karya mahasiswa dan dosen sebagai luaran perkuliahan. Ini mendapatkan apresiasi dari para asesor pada saat asesmen lapang kemarin,” tambahnya.

BACA JUGA:Cetak Kader Pemimpin, LKS SMA Negeri 2 Hadirkan Akademisi Unmuh Babel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: