Kunker ke Sungailiat, Bunda PAUD Maya Suganda Pasaribu Cek Kualitas dan Fasilitas TK dan Paud

Kunker ke Sungailiat, Bunda PAUD Maya Suganda Pasaribu Cek Kualitas dan Fasilitas TK dan Paud

Ist/Dokumentasi Diskominfo Babel--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Demi kebaikan anak-anak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), serta kemajuan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Bunda PAUD Kep. Babel Maya Suganda Pasaribu mengagendakan kunjungan kerja (kunker) ke empat TK dan PAUD di Sungailiat, Kabupaten Bangka di antaranya: PAUD Ananda Gemilang, TK Maria Goretti, TK Aisyiyah, dan PAUD Permata Bunda.

Pada kunker Sabtu (27/5/23) ini, Bunda Maya yang didampingi oleh Bunda PAUD Bangka dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kep. Babel Azami Anwar datang untuk mengecek kualitas dan fasilitas TK dan PAUD di Sungailiat, sekaligus mendengarkan keluh kesah para pendidiknya. Mulai dari kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum sarjana, hingga fasilitas seperti sarana untuk bermain anak, ruang kelas, UKS, dan lainnya.

"Kedatangan saya ini ada dua tujuan. Pertama saya mau mengetahui apa aja sih yang perlu kita bantu. Misalnya pembangunan fasilitasnya, ataupun bantuan beasiswa untuk tenaga pendidiknya yang belum sarjana," ujar Bunda Maya.

Kedua, dikatakan oleh Bunda Maya, ia ingin melihat kualitas di dalamnya (TK dan PAUD), jika TK dan PAUD yang dikunjunginya sudah bagus, maka akan dijadikkannya percontohan untuk TK dan PAUD lainnya. 

"Selain untuk konsul tentang apa saja yang bisa dibantu oleh kami, kedatangan kami ini juga melihat apakah TK dan PAUD yang dikunjungi sudah baik atau belum. Kalau sudah, nanti bisa dijadikan contoh untuk yang lainnya. Nggak usah malu untuk meniru yang baik," katanya.

Hal lain yang ditekankan oleh Bunda Maya, ialah terkait kesehatan anak-anak. Ia memberikan PR (pekerjaan rumah) untuk para kepala sekolah, untuk segera meminta bantuan puskesmas atau posyandu dalam hal pengecekan rutin tiap bulan.

"Nanti tolong dihubungi faskes setempat ya Bu. Soalnya pengecekan rutin tiap bulan ini penting, biar kita tahu berat badan, tinggi badannya kategori normal atau tidak. Ini juga salah satu bentuk penekanan angka stunting di Kep. Babel," ujar Bunda Maya.

Bunda PAUD Kep. Babel itu juga menyarankan tiap TK dan PAUD, sesekali berkolaborasi dengan pihak lainnya, untuk mengadakan pelatihan dan sosialisasi untuk orangtua murid. Contohnya pelatihan memasak menu masakan yang bergizi dan enak yang nantinya membuat bekal anak jadi variatif. 

Penulis: Intan Pitaloka

Foto: Natasya

Editor: Lisia Ayu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: