Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Ikut Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Secara Hybrid

Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Ikut Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Secara Hybrid

--

PANGKALPINANG - Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang di bawah jajaran Kanwil Kemenkumham Babel mengikuti penyelenggaraan Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 yang dirangkaikan dengan kegiatan Halal Bihalal Idul Fitri 1444 Hijriyah di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Diikuti oleh seluruh jajaran Struktural, JFT dan JFU, bertempat di Ruang Gallery Lapas Narkotika Pangkalpinang, kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid yang berpusat di Lapangan Upacara Kemenkumham RI. 

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly hadir secara langsung dan bertindak sebagai Pembina Upacara. Turut hadir pula Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Edward Omar Sharif Hiariej, Pimti Madya Unit Utama, Staf Ahli dan Khusus Menteri, Penasihat Menteri, Pejabat Fungsional Ahli Utama, Pimti Pratama dan ASN Unit Utama, serta seluruh jajaran Kanwil dan UPT Pemasyarakatan yang terhubung secara virtual. 

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono beserta Kepala UPT Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Babel juga mengikuti kegiatan ini bersama Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto yang dilaksanakan di Graha Pengayoman Kanwil Kemenkumham Babel.

Mengawali amanatnya, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Yasonna juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Halal bihalal ini harus dimaknai sebagai momentum untuk bersilahturahmi dan saling memaafkan, instropeksi diri, dan juga memperkuat rasa kebersamaan. 

"Dengan semangat baru setelah cuti Lebaran, mari kita mulai kembali bekerja dan melayani masyarakat dengan semakin baik," Ujar Menkumham dalam keterangan resminya yang diterima Babel Pos, Selasa (5/2/2023). 

Dalam momentum peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 ini, Menkumham juga mengajak kepada seluruh jajaran pemasyarakatan untuk dapat merefleksikan kembali apa saja yang belum dikerjakan serta bagaimana konsep serta langkah-langkah perbaikan kedepannya. 

"Teguhkan komitmen dan konsistensi seluruh Insan Pemasyarakatan Kemenkumham dalam mewujudkan kebijakan yang telah saya tetapkan, yakni Transformasi Pemasyarakatan yang semakin PASTI dan BerAKHLAK," pintanya. 

Sesuai dengan tema Hari Bakti Pemasyarakatan Tahun 2023, yakni "Transformasi Pemasyarakatan yang semakin PASTI dan BerAKHLAK", Menkumham Yasonna H. Laoly juga memberikan tiga arahan yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran pemasyarakatan agar dapat mewujudkan hal tersebut, diantaranya bersinergi dengan Instansi terkait dan segenap stakeholder yang ada, harus menyadari dan perlu meningkatkan kompetensi melalui literasi dalam melaksanakan tugas, agar adaptif dengan berbagai perubahan, apakah itu UU Pemasyarakatan, KUHP Nasional, dan lain-lainnya serta menjadi insan pengayoman yang terpelajar dan tangkas dalam bekerja, dan dalam hal ini tentunya harus cepat, tepat dan ikhlas.

Selain itu, kepada seluruh jajaran di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI, Menkumham Yasonna juga mengajak untuk mulai kembali fokus dalam bekerja, tetap semangat dan bangun komitmen bersama untuk memberikan pengabdian yang terbaik di Kementerian Hukum dan HAM RI sehingga menjadi institusi yang semakin dipercaya dan dicintai masyarakat. 

Setelah upacara dilaksanakan, Menkumham Yasonna H. Laoly yang didampingi oleh Wamnekumham dan Pimti Madya Unit Utama melaksanakan kegatan Halal Bihalal bersama dengan seluruh peserta upacara baik hadir secara langsung maupun terhubung secara virtual.

Dalam kesempatan ini, juga disuguhkan berbagai hiburan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Bakti Pemasyarkatan Ke-59, diantaranya adalah Robo Dance Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Karnaval Daur Ulang Warga Binaan Lapas Kelas IIA Tangerang dan Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang, Atraksi Tim Tanggap Darurat Nusakambangan dan Display Marching Band Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan. Rangkaian kegiatan ini kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng dalam rangka peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 yang dilakukan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: