Bawaslu Basel Cek Langsung Pergeseran TPS di Batu Betumpang

Bawaslu Basel Cek Langsung Pergeseran TPS di Batu Betumpang

Ferry --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengecek langsung dan melakukan survei terkait saran pergeseran Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Rt 06 Desa Batu Betumpang ke Rt 11 Air Tebing.

Sebelumnya Bawaslu mengusulkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Basel untuk menambah TPS atau pergeseran TPS karena mempertimbangkan jarak tempuh dan akses jalan agar pada hari H pencoblosan warga setempat mudah menyalurkan hak pilihnya dan menghindari golput.

BACA JUGA:Kawal Hak Pilih, Bawaslu Basel Sambangi Desa Perbatasan

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Hubal Bawaslu Basel, Ferry menyampaikan, ada beberapa saran perbaikan sebelum ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan lokasi tetap TPS.

"Dalam hal ini kita sarankan pergeseran TPS di Desa Batu Betumpang ke lokasi Rt 11 Air Tebing," ungkapnya, Jum'at (28/04).

Pertimbangan Bawaslu mengusulkan pergeseran TPS ini karena berdasarkan survei ke lokasi tersebu, jaraknya lumayan jauh dengan akses jalan yang sangat jelek.

"Jarak antara Desa Batu Betumpang Rt 06 dengan Rt 11 Air Tebing berjarak 10 Km, dan akses jalan jelek, berlubang, tentu ini yang menjadi pertimbangan kita," ujar Ferry.

BACA JUGA:Polres Basel Gandeng KPU dan Bawaslu Dalam Jum'at Curhat, Ini yang Dibahas

Dikatakan Ferry, pada mulanya TPS 6 ini ada di Desa Batu Betumpang dengan jumlah pemilih sebanyak 246 pemilih, terbagi antara 142 warga Batu Betumpang sedangkan warga Air Tebing sebanyak 104 pemilih.

"Jadi setelah melalui serangkaian mendengarkan pendapat warga serta ketua RT setempat kita usulkan untuk memindahkan TPS 06 yang semula ada di Desa Batu Betumpang ke Rt 11 Air Tebing, mengingat jarak tempuh dan akses masuk yang begitu jauh," tandasnya.

BACA JUGA:Bawaslu Basel Pantau Proses Coklit

Sementara itu, Komisioner KPU Rahmat Nadi saat dikonfirmasi menyampaikan, KPU akan melakukan survey lokasi terlebih dahulu sebelum memutuskan.

"Sudah kita terima saran perbaikannya dan segera kita tindak lanjuti, mengingat jarak dan akses ke lokasi tersebut memang jauh serta jalan yang berlobang," tuturnya. (*)

BACA JUGA:Ketua KPU Basel Tekankan Integritas 159 Anggota PPS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: