Ketua KPU Basel Tekankan Integritas 159 Anggota PPS

Ketua KPU Basel Tekankan Integritas 159 Anggota PPS

--

BABELPOS.ID, TOBOALI - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan, Amri R melantik 159 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (24/01/23) bertempat di Gedung Serba Guna Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab Basel Jalan Gunung Namak Toboali.

Menurut Amri dengan dilantiknya  anggota PPS, perangkat penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di  53 Desa dan Kelurahan dan 8 kecamatan sudah lengkap.  Sudah itu, KPU Basel beserta jajaran menyatakan kesiapan untuk melaksanakan tahapan pemilu 2024.

"Kalian PPS  adalah pemimpin kepemiluan di wilayah masing-masing, karena itu saya harap kita semua bekerja  sungguh-sungguh dengan mengedepankan  integritas, netralitas dan Keprofesionalistas demi suksesnya Pemilu 2024," kata Amri dalam sambutannya.

"Prinsip penyelenggaraan pemilu harus satu frekuensi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU Basel supaya Pemilu dapat mengulangi kesuksesan Pemilu 2019," paparnya.

"Tugas berat kita mempertahankan tingkat partisipasi pemilu  sehingga kesuksesan Pemilu 2019 dapat kita ulangi di 2024, tentu dengan komunikasi, koordinasi, kolaborasi," tambahnya.

"Pada hari ini kami kpu Bangka Selatan beserta jajaran mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi Forkopimda, Bupati  Basel diwakili Asisten dan Pemerintahan H. Muchson Ormas, maupun penyelenggara KPU Propinsi, Bawaslu Basel yang ikut hadir dalam rangkaian pelantikan anggota PPS se Kabupaten Bangka Selatan. Pada pagi ini kita diberikan kesehatan dalam rangka menyukseskan pemilu maupun pemilihan serentak tahun 2024," paparnya.

"Setelah resmi  dilantik, seluruh anggota PPS akan langsung diberikan bimbingan teknis  oleh KPU melalui PPK terkait dengan tugas yang dilimpahkan dan kewajiban di lapangan  yang rencananya akan dilakukan  di masing-masing kecamatan," ujar Amri.

Lebih jauh ia menjelaskan, anggota PPS mulai aktif setelah pelantikan tanggal 24 Januari, selanjutnya mulai tanggal 26 januari 2023  untuk membentuk anggota Pantarlih dan wewenang lain  yaitu pembentukan KPPS di setiap desa  dan kelurahan januari 2024 mndatang.

"Sehingga Insyaallah setelah tahapan pelantikan selesai, anggota PPS langsung akan bekerja menunaikan tanggung jawab serta dedikasi mereka untuk membantu seluruh tahapan proses pemilu yang masih dan akan berlangsung kedepannya," ucapnya. Tugasa utama anggota PPS yakni pembentukan anggota untuk pemutakhiran data pemilih atau Panterlih sebanyak 580 anggota, sesuai dengan jumlah TPS di  Bangka Selatan. (eer)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: