Strategi Samudra Biru Coffee Shop di Pangkalpinang

Strategi Samudra Biru Coffee Shop di Pangkalpinang

--

Empat kerangka kerja dalam Blue Ocean Strategy adalah: 1) Hapuskan, hapuskan indikator faktor–faktor yang memiliki bobot paling rendah diantara faktor–faktor kompetisi lainnya; 2) Ciptakan, menciptakan faktor – faktor apa saja yang belum pernah ditawarkan oleh coffee shop, sehingga faktor–faktor tersebut juga belum ada pada coffee shop lain; 3) Tingkatkan, meningkatkan faktor–faktor hingga diatas standar kompetitor pada samudera merah; 4) Kurangi, coffee shop harus mempertimbangkan ulang apakah produk yang dihasilkan berlebih dalam suatu persaingan yang ada dipasar.

Faktor-faktor yang dapat dimasukkan ke dalam Blue Ocean Strategy untuk mengetahui letak kompetisi coffee shop diantara pesaing antara lain adalah harga produk, kualitas produk, kualitas bahan, varian kopi, kualitas pelayanan, promosi (media social), inovasi produk, kenyamanan tempat, ketersediaan produk yang ditawarkan, fasilitas yang diberikan.

Hal ini penting untuk dilakukan, karena banyak dari pelaku usaha coffee shop yang ada melakukan persaingan dengan menggunakan penawaran nilai yang sama atau disebut Red Ocean Strategy (ROS). Sehingga memang perlu para pelaku usaha coffee shop di Pangkalpinang melakukan improvement terhadap produk dan pelayanan untuk mempertahankan eksistensi keunggulannya yang ditawarkan kepada konsumen.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: