Dialog dengan Jokowi, Puan Maharani Perkuat Sinergi Legislatif & Eksekutif

Dialog dengan Jokowi, Puan Maharani Perkuat Sinergi Legislatif & Eksekutif

--

KETUA DPR RI Puan Maharani dinilai sebagai sosok pimpinan yang terus berupaya memperkuat hubungan antara legislatif dan eksekutif. Salah satunya dengan berdialog dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jumat (24/3) kemarin.

Puan menyampaikan bahwa pertemuan itu membicarakan banyak topik dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPR RI dan Ketua DPP PDI-Perjuangan.

Sebagai Ketua DPR, dikatata Puan, ia terus mendorong kerja sama antarkedua lembaga, yakni legislatif dan eksekutif, yang dinilainya sangat penting.

Kerja sama ini tidak hanya terkait pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan, tetapi juga di dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa, seperti persiapan Pemilu 2024.

Termasuk beberapa rencana UU yang penting untuk dibahas bersama antara DPR dan Pemerintah, serta mengenai desain masa depan.

“Sebagai Ketua DPR RI saya terus mendorong kerjasama antara kedua lembaga. Seperti, persiapan Pemilu 2024, beberapa rencana UU (Undang-Undang) yang penting untuk dibahas bersama antara DPR dan Pemerintah," tutur Puan dilansir dari dpr.go.id, Minggu (26/3/2022).

"Serta mengenai desain masa depan dan bagaimana merespons dinamika politik saat ini, termasuk gambaran kerja sama partai politik,” lanjut perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR RI tersebut.

Sedangkan sebagai Ketua DPP PDI-P, ia menyampaikan sejumlah hal penting dan strategis terkait dengan pemenangan Pemilu 2024, dan bagaimana merespons dinamika politik saat ini, termasuk gambaran kerja sama partai politik.

“Bagaimana kami sesama kader PDI Perjuangan mengatasi berbagai persoalan di masyarakat melalui desain keputusan politik,” tutur mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini.

Lebih lanjut, menurut Puan, kerja sama antara pihak legislatif dan eksekutif menjadi sangat penting. Mengingat, kerja sama itu tersebut tidak hanya terkait dengan pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan, namun juga di dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.

“Kami berharap bisa mengatasi berbagai persoalan di masyarakat melalui desain keputusan politik,” tutup cucu Bung Karno itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: