Kemenag, BI dan Disperindagkop Babel Sinergi Menuju 1 Juta Sertifikasi Halal 2024

Kemenag, BI dan Disperindagkop Babel Sinergi Menuju 1 Juta Sertifikasi Halal 2024

Kampanye Mandatori Halal 2024--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Setelah sukses menggelar Kampanye Mandatori Halal 2024 di 9 titik di Bangka Belitung, Satgas Halal Kemenag Babel selaku perpanjangan tangan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Republik Indonesia bersama BI Babel dan Dinas Koperasi dan UMKM Babel pada 18 Maret 2023 lalu, sinergi tiga pihak ini semakin siap memperkuat kerjasama dalam rangka mencapai target 1 juta sertifikasi Halal yang dicanangkan pemerintah sampai 2024 dan terwujudnya Indonesia sebagai negara produsen Halal no. 1 dunia pada tahun 2024.

Ketua Satgas Halal Babel Kanwil Kemenag Babel, Rebuan bersyukur karena Satgas Halal Babel bersama para mitra juga telah terlibat langsung dalam kegiatan kampanye mandatori halal 2024secara serentak di 1000 titik di seluruh Indonesia tersebut. Termasuk di Babel dilaksanakan di 9 titik.

Rebuan berharap dari Kampanye Mandatori Halal 2024 akan semakin menguatkan pesan berantai kepada masyarakat pelaku usaha di Bangka Belitung untuk segera mendaftarkan sertifikasi halal produknya sebelum 17 Oktober 2024.

“Dalam kesempatan kampanye mandatori halal 2024, kami telah sukses melaksankananya di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung yang diikuti kurang lebih 250 peserta pelaku UMKM se Kota Pangkalpinang dan sekitarnya,” sebut Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Babel ini.

BACA JUGA:Bersama Prodi Kemas UNABA, Siap Dukung Percepatan 1 Juta Sertifikasi Halal

Rebuan mengajak pelaku usaha untuk segera memanfaatkan akses kemudahan dalam mendaftarkan sertifikasi halal yang telah disediakan oleh pemerintah melalui BPJPH. Yakni melalui jalur pendaftaran sertifikasi halal gratis atau self declear.

Kegiatan ini melibatkan peran serta Tim Pendamping Produk Halal (PPH), yang merupakan salah satu langkah percepatan dan edukasi kepada para pelaku usaha khususnya di Provinsi Bangka Belitung terhadap pentingnya sertifikasi halal. Terlebih sebentar lagi umat muslim akan menjalani ibadah di bulan suci Ramadan, sehingga sudah menjadi tugas bersama untuk menjamin kehalalan produk. 

"Oleh karena itu sekali lagi, ayo segera daftarkan sertifikasi halal produk dengan memanfaatkan aplikasi halal SEHATI yang disediakan oleh BPJPH dalam rangka mensukseskan program 1 juta sertifikasi halal tahun 2024 sekaligus menjadikan Indonesia sebagai produsen halal no.1 dunia di tahun 2024,” ajak Rebuan didampingi Sekretaris Satgas Halal Kanwil Kemenag Babel, Iwan Setiawan.

BACA JUGA:BI Babel dan MUI Dorong Akselerasi Sertifikasi Halal Pelaku UMKM

Wakil Ketua 1 Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Bangka Belitung, Hendra Cipta, juga mengapresiasi atas kegiatan yang telah berhasil dilaksanakan oleh Satgas Halal Kanwil Kemenag Babel bekerjasama dengan Bank Indonesia Babel dan Diskop UMKM Bangka Belitung. 

“Ini adalah sinergi yang sangat baik dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi daerah maupun nasional, termasuk melalui potensi sektor industri halal dalam bidang halal food dan system keuangan syariah. Yang memiliki potensi besar, sehingga harus dimanfaatkan secara lebih maskimal oleh para pelaku usaha dan UMKM termasuk juga melibatkan peran serta insan-insan yang ada di lembaga pendidikan di Babel,” ajak Hendra.

BACA JUGA:PT Timah Tbk Fasilitasi Produk Mitra Binaan Dapatkan Sertifikasi Halal Gratis, Begini Caranya

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Yulizar Adnan, mengapresiasi kegiatan Kampanye Mandatori Halal 2024 di 9 titik di Babel termasuk di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi UMKM Babel. 

Ia menyebut, kegiatan kampanye mandatori halal 2024 adalah salah satu upaya yang dilakukan secara berkelajutan oleh pemerintah bersama seluruh stakeholder, sebagaimana amanah undang-undang nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: