Kurangi Overpopulasi, DPKP Bateng Gelar Strelisasi Kucing Jantan Gratis

Kurangi Overpopulasi, DPKP Bateng Gelar Strelisasi Kucing Jantan Gratis

--

BABELPOS.ID, PANGKALAN BARU - Program kastrasi atau sterilisasi kucing jantan gratis oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Tengah (DPKP Bateng) disambut baik pecinta kucing di Bangka Tengah.

Diketahui, untuk mengikuti program strelisasi kucing jantan gratis wajib memenuhi syarat dan ketentuan yakni kucing jantan sehat, kucing ras domestik (kampung), umur minimal 5 bulan dan satu KTP hanya boleh membawa 1 ekor kucing.

Dokter Hewan DPKP Bateng, sebagai Medik Veteriner di Puskeswan Pangkalan Baru, drh. Diyah Septirianti mengatakan pelayanan Puskeswan ini buka setiap hari, terkhusus hari Selasa dan Kamis, dimulai jam 09.00 hingga 14.00 wib.

"Kalau di Puskeswan yang datang ke sini biasanya hewan kecil seperti anjing, kucing, dan lainnya, sedangan untuk hewan yang berukuran besar bisa via telpon dan kami akan datang langsung ke ternaknya," ungkapnya kepada babelpos.id pada Jumat (17/3/2023).

Dikatakan Diyah, sterilasi kucing ini merupakan tindakan pengangkatan organ reproduksi agar tidak bisa menghasilkan keturunan. 

Ia menjelaskan, sterilisasi kucing bukan hanya bisa mengontrol populasi hewan tersebut, tapi juga baik untuk kesehatannya.

"Strelisasi kucing jantan gratis ini dilakukan untuk mengurangi overpopulasi, seperti yang kita ketahui banyak kucing-kucing liar yang ditelantarkan di pasar dan lainnya," terangnya.

"Ini baru bisa kita progamkan kucing jantan terlebih dahulu, tetapi jika mendapat banyak dukungan, insyaallah akan ada programkan sterilisasi kucing betina gratis," tambahnya.

Ia pun berpesan kepada pecinta hewan, jika membutuhkan pelayanan kesehatan hewan bisa langsung datang ke Puskeswan Pangkalan Baru di Desa Air Mesu.

"Jadi kalau memang butuh pelayanan kesehatan hewan silahkan datang, kita juga melayani suntik vitamin dan lainnya, jangan asal mengobati sendiri, takutnya salah dan berakibat fatal pada hewan peliharaan," ucapnya.

Sementara itu, salah satu pecinta kucing, Yulita (42) merasa sangat terbantu dengan adanya program sterilisasi kucing jantan gratis.

"Saya punya sekitar 30 kucing yang kebanyakan saya ambil dari pasar, sebenarnya sudah banyak kucing saya yang disteril, tapi biayanya mahal, sehingga program ini sangat membantu," tuturnya.

Ia pun berharap, akan ada program lainnya, seperti pemberian vitamin bulu, sterilisasi kucing betina gratis dan lainnya.

"Banyak sekali kucing yang berkeliaraan dipasar dan didominasi kucing betina, jadi jika ada program sterilasi untuk yang betina, pasti sangat membantu," tutupnya. (sak/ynd).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: