Lulusan SMA Bisa Jadi Komisioner KPU, Yuk Daftar Seleksi KPU 4 Kabupaten

Lulusan SMA Bisa Jadi Komisioner KPU, Yuk Daftar Seleksi KPU 4 Kabupaten

Pengumuman jadwal seleksi 4 KPU Kabupaten Kota se Babel.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) 4 Kabupaten membuka seluasnya pelamar komisioner terhitung tanggal 6 Maret hingga 17 Maret. Bahkan, pelamar Lulusan SMA bisa ikut dalam seleksi yang melalui beberapa tahapan tersebut.

Ketu Timsel KPU 4 Kabupaten, Tri Lestari mengatakan ada kesempatan untuk pelamar lulusan SMA. Mereka harus menambah poin dengan sejumlah pengalaman yang ada. Misalnya sudah pernah menjadi PPS, PPK atau penyelenggara Kepemiluan. Bahkan artikel ilmiah juga menjadi penilaian besar dalam penelitian administrasi nantinya.

"Kesempatan besar teman-teman SMA untuk ikut seleksi. Besar kesempatan untuk seluruh calon. Mulai isi siakba, ijazah harus legalisir basah, jangan scan dan lengkapi persyaratan lainnya," ujarnya.

BACA JUGA:Timsel KPU 4 Kabupaten Umumkan Tahapan Pelaksanaan Seleksi, Simak Ini

Dia berharap para peserta tidak mendekati waktu deadline dalam mendaftar nantinya. Mereka akan menerima berkas paling lama pada 17 Maret pukul 23.59. 

"Lengkapi pendaftaran dengan mengisi di Siakba. Kemudian mengantarkan berkas fisik ke Sekretariat kita di Jalan Mentok samping kantor unit Bank Sumselbabel," tuturnya.

BACA JUGA:Akademisi Unmuh Dipercaya Jadi Timsel KPU Empat Kabupaten

Ditambahkan Anggota Timsel 4 Kabupaten, Said Akhmad Maulana, latar belakang pendidikan dan pengalaman akan selaras sesuai dengan pesan dari Ketua RI. Keduanya saling mendukung dalam penilaian penelitian berkas administrasi untuk lolos ke tahapan CAT dan psikologi.

"Walau hanya SMA tapi punya banyak pengalaman kepemiluan menjadi indikator untuk lulus administrasi. Menulis buku artikel ilmiah kepemiluan juga menjadi penilaian," katanya.

BACA JUGA:Hingga Petang, Sebanyak 75 Pelamar KPU Babel Serahkan Berkas

Lebih jauh, katanya siapapun boleh mendaftar tidak masalah hanya lulusan SMA. Mensinergikan latar pendidikan dan pengalaman kepemiluan untuk mencari komisioner di 4 Kabupaten yakni Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur.

"Timsel akan meneliti berkesesuaian atau tidak berkas itu nantinya. Kita sinergikan latar pendidikan dan pengalaman sesuai dengan arahan Pak Ketua KPU RI," tuturnya.(*)

BACA JUGA:Timsel KPU Babel Ingatkan Calon Lebih Teliti, Iskandar: Tak Ada Perbaikan Berkas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: