Seorang Warga Binaan Kabur dari Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, Ini Wajahnya

Seorang Warga Binaan Kabur dari Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, Ini Wajahnya

Sulthon Darussalam alias Sulton bin Hendra Irawan, warga Jalan Lubuk Simpang RT 016 Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar Kabuapten Bangka Tengah, Warga Binaan Pemasyarakatan kelas IIA Pangkalpinang yang kabur Sabtu 4 Maret 2023- FOTO: Lapas Kelas II A Pangkalpinang-

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Seorang pria warga binaan pemasyarakatan (WBP) dikabarkan kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Pangkalpinang. 

Kabar ini juga dibenarkan langsung Kepala Lapas Kelas IIA Kota Pangkalpinang, Badarudin

Kepada babelpos.id, Sabtu (4/3/2023) sore, Badarudin menyebut, warga binaan yang melarikan diri tersebut bernama Sulthon Darussalam alias Sulton bin Hendra Irawan, warga Jalan Lubuk Simpang RT 016 Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar Kabuapten Bangka Tengah.

"Benar, telah kabur seorang warga binaan atas nama Sulthon Darussalam alias Sulton Bin Hendra Irawan dini hari tadi. Warga binaan ini kasus Pasal 363 KUHP atau pencurian yang masuk pada 7 September 2021 lalu," ungkap Badarudin.

Badarudin menerangkan, berdasarkan rekaman CCTV, Sulthon kabur pada Sabtu (4/3/2023) sekira pukul 24.00 WIB. Dimana saat itu, kata dia, jumlah Regu Pengamanan 4 (Rupam 4) yang berdinas sebanyak 8 orang yang terdiri atas 1 orang komandan jaga, 5 anggota jaga dan 2 orang anggota P2U serta 1 orang bantuan jaga. 

Pria berusia 25 tahun itu, lanjut Badarudin, melarikan diri melalui area dapur memanjat hingga menerobos dan berjalan diatas atap dapur hingga menjebol plafon dapur lalu tembus ke area branggang Lapas.

Selanjutnya yang bersangkutan, kata Badarudin, membersihkan bekas luka dan darah di sekitar tembok daerah bawah pos menara 4 sejumlah 3 bekas bercak darah. Kemudian yang bersangkutan melanjutkan pelarian dengan melewati selokan sket tengah lapas dan terdapat 9 bekas kaki di daerah tersebut.

"Kemudian yang bersangkutan memanjat melalui tembok dekat area kantor gedung satu untuk dapat keluar Lapas yang terdapat bekas jejak tangan dan kaki serta bercak darah di tembok," beber Badarudin.

Dikatakan Badarudin, atas peristiwa ini, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kepulauan Bangka Belitung bersama  Kabid Keamanan dan Kasubid hadir di Lapas Pangkalpinang pada pukul 08.00 WIB guna menindaklanjuti lapaoran kejadian pelarian tersebut. 

"Kita sudah mengambil langkah-langkah mulai dari berkordinasi dengan kepolisian setempat yakni Polresta Pangkalpinang dan Polres Bangka Tengah, Polsek Lubuk Besar terkait pengejaran dan pencarian yang bersangkutan. Kemudian kita juga sudah berkoordinasi dengan satdensus 88 terkait keberadaan yang bersangkutan," tegas Badarudin. 

Selain itu, kata Badarudin, pihaknya juga sudah menghubungi pihak keluarga yang besangkutan yang berlokasi di Desa Lubuk Besar. Bahkan pihaknya juga sudah memberikan petunjuk dan arahan kepada seluruh petugas Lapas Pangkalpinang untuk melakukan pengejaran dan pencarian napi yang melarikan diri tersebut.

"Kita juga sudah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan kepada regu pengamanan yang bertugas pada saat itu," tambah Badarudin. 

Saat ini, dikatakan Badarudin tim dari Lapas Pangkalpinang dan di back up oleh Satreskrim Polresta Pangkalpinang dan Polres Bangka Tengah termasuk Polsek Lubuk Besar sedang melakukan pengejaran dan pencarian terhadap warga binaan yang melarikan diri tersebut.

Lapas Pangkalpinang, sambung Badarudin, juga akan bekerjasama dengan aparat penegak hukum , instansi lain dan masyarakat untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: