Air Belo Masuk Nominasi Desa Anti Korupsi Oleh KPK

Air Belo Masuk Nominasi Desa Anti Korupsi Oleh KPK

Fachriansyah --

BABELPOS.ID, MUNTOK - Desa Air Belo, Kecamatan MUNTOK masuk nominasi atau calon desa anti korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Inspektur Inspektorat Daerah Bangka Barat, Fachriansyah, mengatakan untuk di Bangka Belitung sendiri ada tiga desa yang masuk nominasi.

Adapun tiga tersebut yakni, Desa Air Belo, Kabupaten Bangka Barat, Desa Air Bara, Bangka Selatan, dan Desa Mekar Jaya, Belitung Timur.

"Perwakilan desa anti korupsi yang mewakili Provinsi Bangka Belitung, usulannya tahun kemarin oleh Dinsos Provinsi Bangka Belitung, tapi mereka koordinasi dulu ke Dinsos Babar desa mana yang kira-kira tepat," ungkap Fachriansyah, Kamis (2/2/23).

BACA JUGA:Desa Air Belo Jadi Kampung Restorative Justice Pertama di Babel

Ia menyebutkan dipilihnya Desa Belo menjadi nominasi desa anti korupsi dikarenakan memenuhi 18 indikator yang disyaratkan KPK.

"Ternyata Desa yang sudah siap itu Air Belo karena desa itu sudah juga dilaunching Kampung Restoratif keadilan. Jadi untuk memenuhi 18 indikator nilai desa anti korupsi ini, mereka sepertinya lebih siap maka langsung diusulkan," bebernya.

BACA JUGA:Sosialisasi Aktivitas Penambangan di PT GSBL, Ini Aspirasi Masyarakat Air Belo

Fachriansyah menyampaikan Tim KPK juga telah turun langsung melakukan observasi ke Desa Air Belo pada Selasa (31/1/23) kemarin untuk mengecek benar atau tidak masuk kriteria 18 indikator tersebut.

"KPK ngecek langsung ke lapangan benar atau tidak, kriteria 18 indikator tersebut. Belum ini masih observasi, habis lebaran nanti akan dilakukan bimbingan lagi untuk ke tiga desa itu," tuturnya. (**)

BACA JUGA:5 Hektar Hutan Mangrove Belo Laut Rusak Dibabat, Kabag Ops : Akan Proses Sampai Pengadilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: