Pengabdian Terintegrasi KKN Unmuh Babel Bantu UMKM Kemplang Muntira Kulur Ilir

Pengabdian Terintegrasi KKN Unmuh Babel Bantu UMKM Kemplang Muntira Kulur Ilir

Dosen Unmuh Babel mendampingi pelaku UMKM Kerupuk Muntira Desa Kulur Ilir mengemas produknya.--

BABELPOS.ID, KOBA - Tim dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) yang diketuai Diana Pramesti, M.Pd, melakukan monev dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kulur Ilir Bangka Tengah, 30 Januari 2023.

Program pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi KKN ini menjadi salah satu kesempatan bagi para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk melakukan pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat.

BACA JUGA:Integrasi KKN dan Pengabdian Dosen Unmuh Wujudkan Pariwisata Berwawasan Lingkungan

Tim juga ikut memberikan pendampingan kepada masyarakat pelaku UMKM Kulur Ilir agar semakin kreatif meningkatkan kualitas dan menambah nilai jual produk, melalui pemanfataan potensi lokal sebagai pemasukan tambahan ekonomi keluarga.

Potensi lokal ini seperti ikan hasil tangkapan nelayan lokal yang selain dijual langsung ke pasar, juga diolah menjadi produk kemplang ikan khas Kulur Ilir. Yakni, kemplang Ikan Muntira di Desa Kulur Ilir

“Sasaran pengabdian ini adalah masyarakat Kulur Ilir yang memiliki usaha rumahan seperti pembuatan kerupuk atau kemplang ikan yang dibuat dengan menggunakan teknik dan resep khas tradisional Kulur Ilir,” jelas Diana Pramesti didampingi timnya.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Unmuh buat Kerupuk dari Ikan Gelamo, Ternyata Enak! Peluang UMKM Nih..

Menurutnya, tugas tim pengabdian juga ikut membantu pelaku UMKM dalam proses pengemasan agar terlihat menarik dan bernilai jual serta memberikan arahan untuk menetapkan harga jual produk, karena selama ini para pengrajin kemplang menjual dengan harga yang tidak disesuaikan dengan biaya bahan dan produksi. 

“Selain itu, pola pendampingan dalam hal pemasaran juga dilakukan agar penjualan produk tidak hanya di pasarkan di lingkungan desa tetapi juga massif menjangkau pasar yang lebih luas,” dorong Diana yang mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemeritah Desa Kulur Ilir.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Unmuh Gelar Pelatihan UMKM

Diana Pramesti berharap kerja sama yang dilakukan oleh tim dosen pengabdian Unmuh Babel bersama pelaku UMKM dan aparatur Desa Kulur Ilir beserta perangkat desa ini dapat ditindaklanjuti dengan pengembangan pola pemasaran berbasis teknologi digital, media sosial dan marketplace.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: