Apa Itu Buku Kas: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Apa Itu Buku Kas: Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Ilustrasi--

Dari jenis-jenis tersebut, masing-masing punya peran dan fungsi tersendiri. Seperti buku pemasukan untuk mengetahui jumlah uang yang masuk. Begitu pula dengan buku pengeluaran.

Berbeda dengan buku pembantu bank yang digunakan untuk mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaran yang menggunakan bank. Hanya untuk mencatat transaksi yang terjadi melalui teller atau ATM.

Adapun buku pajak adalah buku yang digunakan untuk mencatat kegiatan transaksi yang berhubungan dengan pajak. Mulai dari pemungutan dan penyetoran pajak yang dipungut selaku wajib pajak, utamanya pungutan PPH.

Buku pembantu panjar adalah buku catatan yang didalamnya terdapat catatan tentang pengeluaran dan pengiriman dana yang diserahkan pada pihak tertentu.

Biasanya buku ini telah diatur sedemikian rupa oleh Kementerian Dalam Negeri Indonesia.

Cara Membuat Buku Kas

Dalam pembuatan buku kas adalah terdapat beberapa cara yang harus diketahui oleh pemilik usaha agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat tidak imbangnya antara pemasukan dan pengeluaran.

Akhirnya berpengaruh pada laporan keuangan. Berikut adalah tata cara pembuatan dokumen pembukuan kas yang benar:

1. Buku Kas Skontro

Dikenal pula dengan sebutan dokumen pembukuan kas folio dwi halaman untuk membuatnya harus terdapat dua muka halaman.

Halaman tersebut berisi debit dan kredit. Halaman debit berguna untuk mencatat pemasukan dan penambahan uang kas dan asal uang tersebut. Pada halaman debit ini terdapat 4 kolom yaitu, kolom pertama untuk mengisi tanggal masuknya uang.

Kolom kedua buku kas adalah keterangan pemasukan, kolom ketiga nomor urut bukti masuknya uang. Sedangkan kolom keempat untuk mengisi jumlah uang masuk.

Berikutnya adalah halaman kredit yang berguna untuk mencatat uang yang keluar. Pencatatan pengeluaran ini juga harus dilakukan dengan jelas dan tidak bertele-tele. Sama halnya dengan halaman debit, halaman ini juga terdiri atas empat kolom.

Kolom pertama berisi tanggal, kolom kedua berisi tentang keterangan pengeluaran yang dilakukan. Kolom ketiga berisi nomor urut pengeluaran dan kolom terakhir adalah jumlah uang yang dikeluarkan.

2. Folio Satu Halaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: