Buffer Zone dan Tambahan Trip Bakal Disiapkan, Atasi Penumpukan di Pelabuhan Tanjung Kalian

Buffer Zone dan Tambahan Trip Bakal Disiapkan, Atasi Penumpukan di Pelabuhan Tanjung Kalian

--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Hadapi terjadinya peningkatan arus keberangkatan libur Natal dan Tahun Baru, ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian MUNTOK akan mengambil beberapa langkah - langkah.

Adapun salah satu langkah yang dilakukan yakni menambah trip dari biasanya 9 menjadi 11 trip bila terjadi penumpukan.

"Armada yang tersedia itu ada 14 unit kapal. Sementara untuk jadwal penyebrangan masih normal yakni ada 9 trip, sejak pukul 7 pagi hingga 11 malam, " ujar General Manager ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian, Christopher Samosir, Senin (19/12/22).

Ia menyatakan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel Babel.

"Ketika ada peningkatan jumlah penumpang salah satu indikatornya itu area parkir kendaraan. Kami berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel Babel, jika kategori padat ditambah tripnya menjadi 11, atau sangat padat itu bisa 14 trip," ucapnya.

Selain itu apabila terjadi penumpukan kendaraan, Christopher juga menyebutkan pihaknya akan memfaatkan area buffer zone milik lahan Pemerintah Bangka Barat untuk menampung kendaraan yang sebelumnya telah digunakan pada saat mudik lebaran lalu.

"Buffer zone kita gunakan saat keadaan padat jadi disitu posisinya sebagai check poin atau sebagai stopper. Kita pastikan pengguna jasa sudah memiliki alat pembayaran non tunai sesuai metode. Buffer zone akan dibuka, kita juga merekomendasikan instansi yang terlibat di posko sehingga terintegrasi itu ada buffer zone," bebernya.(amd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: