Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan untuk Membantu Proses Pencatatan Keuangan Jadi Mudah

Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan untuk Membantu Proses Pencatatan Keuangan Jadi Mudah

--

BABELPOS.ID - Sebelum membahas aplikasi laporan keuangan, saat merintis sebuah bisnis tentunya kita ingin berjalan dengan baik dan mendapatkan profit dari bisnis yang kita jalankan. Namun, untuk mencapainya memang tidak mudah dan banyak yang harus kita persiapkan dan lakukan. Mulai dari menyusun strategi pemasaran, manajemen SDM, hingga yang paling penting adalah manajemen keuangan dengan langkah membuat laporan keuangan sederhana.

Meskipun kita memiliki kebebasan dalam meningkatkan pendapatan, tapi jika kita salah mengaturnya justru malah akan memperburuk kondisi keuangan di kemudian hari. Bisa-bisa bukannya keuntungan yang didapatkan, melainkan hutang yang harus dibayar setiap bulannya.  Tentu Anda tidak mau bukan hal ini terjadi?

Selain untuk menghindari hal itu, manajemen finansial dengan membuat laporan keuangan juga sangat diperlukan untuk mengukur kinerja dan target yang sudah dicapai. Dari laporan-laporan tersebut kita bisa merekap dari mana sumber keuntungan yang paling besar, sehingga di kemudian hari kita bisa bisa memaksimalkan produk tersebut dengan cara meningkatkan kuantitas dan kualitasnya.

Sayangnya, hal ini masih sedikit diaplikasikan ke pelaku usaha mikro dan kecil menengah, sehingga banyak di antara mereka yang memiliki produk berkualitas baik namun tidak bisa maju dan bersaing dipasar yang lebih besar. Oleh karena itu, artikel kali ini Go UKM akan berbagai cara paling sederhana mengatur keuangan untuk usaha mikro dan kecil menengah menggunakan  aplikasi laporan keuangan

Pisahkan Keuangan Pribadi dan Usaha

Keuntungan usaha itu gunanya untuk diputar kembali dijadikan modal usaha bukan dinikmati untuk keperluan pribadi. Ini bukan berarti kita tidak bisa menikmati hasil jerih payah sendiri, Anda tetap bisa merasakannya, tapi tidak semua keuntungannya. Ambil berapa persen dari keuntungan sebagai gaji Anda perbulan. Misalnya Anda bisa mengambil 10-15% dari keuntungan yang didapatkan per bulannya.

Namun kadang kala pelaku usaha mikro dan kecil menengah merasa hal ini tidak begitu penting alasannya karena keuntungannya masih kecil dan tidak terlalu kompleks. Ini adalah langkah yang salah karena jika dibiarkan begitu saja kemungkinan modal dari keuntungan tersebut akan habis tidak berjejak sehingga Anda tidak bisa produksi kembali.

Buat Laporan Keuangan atau Pembukuan dengan Aplikasi Laporan Keuangan

Mulai lakukan sistem akuntansi mendasar seperti membuat laporan keuangan atau pembukuan. Ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui cash flow usaha Anda. Pada dasarnya pencatatan ini sangat mudah dilakukan dan cukup efisien untuk membantu Anda mengatur finansial usaha.

Lalu, apa saja laporan keuangan yang harus Anda buat? Sederhananya Anda harus membuat 7 pembukuan keuangan, yaitu buku arus kas, buku persedian barang, buku pembelian, buku penjualan, buku biaya, buku hutang dan buku piutang.

  1. Buku arus kas untuk mencatat keluar-masuknya uang secara riil dalam suatu periode. Tujuan dibuatnya laporan arus kas ini untuk memberikan gambaran kegiatan manajemen dalam operasi, investasi dan pendanaan.
  2. Buku persedian barang sangat diperlukan sebagai dasar untuk menyusun laporan keuangan. Bila saja terjadi kesalahan pada saat pencatatan maka akan mempengaruhi tingkat akurasi dari laporan keuangan. Ada dua metode dalam membuat laporan persediaan barang yaitu menggunakan metode fisik yang mengharuskan perhitungan barang yang masih ada pada tanggal penyusunan laporan keuangan dan metode perpetual (buku) di mana setiap jenis persedian dibuatkan rekening sendiri-sendiri yang merupakan buku pembantu persedian.
  3. Buku pembelian, di dalam pembukuan ini hanya dicatat pembelian-pembelian yang tidak dibayar dengan tunai. Pembukuan ini diisi secara teratur menurut tertib waktu faktur-faktur pembelian.

Sedangkan, pembukuan faktur dilakukan setelah barang-barang yang tercantum di dalamnya kita terima dan setelah pemeriksaaan bahwa barang-barang itu sesuai dengan pesanan. Kuantitas atau beratnya barang-barang sesuai dengan yang tercantum dalam faktur, dan bila perhitungan faktur sudah benar.

  1. Buku penjualan, di dalamnya dicatat penjualan barang yang telah dilakukan dalam suatu periode tertentu atau satu bulan. Laporan ini biasanya disertakan salinan faktur-faktur yang sudah dibuat. Ini bertujuan untuk mencocokan harga serta potong yang diberikan pada masing-masing produk.
  2. Buku biaya, mencatat biaya yang dikeluarkan selama proses produksi dan pemasaran atau sebut juga biaya overhead saat produksi, seperti membayar karyawan, biaya listrik, telpon sewa tempat usaha dan lainnya.
  3. Buku hutang, adalah pembukuan yang berisi laporan hutang perusahaan yang harus dibayar pada periode tertentu kepada seseorang, lembaga atau perusahaan lain. pembukuan hutang ini sangat diperlukan untuk mengetahui beberapa nominal yang belum dibayarkan perusahaan kepada kliennya.
  4. Buku piutang, berisi laporan pembayaran yang belum terlunasi. Dengan adanya laporan ini kita dapat memonitor sudah berapa lama piutang tersebut tidak tertagih sehingga kita dapat mempercepat periode penarikan piutang.

Ketujuh laporan tersebut sangat penting untuk menciptakan laporan keuangan usaha yang rapih, jadi siapkanlah 7 buku keuangan yang meliputi masing-masing point tersebut. Pada umumnya saat terjadi transaksi nantinya Anda diharuskan mengisi 2 pembukuan, seperti misalnya saat mencatat pengeluaran biaya, maka Anda akan mencatat di buku kas dan buku biaya. Kecuali pada transaksi penjualan dan pembelian, Anda perlu mengisi 4 pembukuan, seperti:

  1. Untuk transaksi penjualan tunai

        Buku Penjualan

        Buku Kas

        Buku Persedian Barang

 

  1. Untuk transaksi penjualan non-tunai

        Buku Penjualan

        Buku Piutang

        Buku Persedian Barang

 

  1. Untuk transaksi pembelian tunai

        Buku Pembelian

        Buku Kas

        Buku Persedian Barang

 

  1. Untuk transasksi pembelian non-tunai

        Buku Pembelian

        Buku utang

        Buku Persedian Barang

Nah, jadi Anda sudah tahu apa laporan apa saja yang perlu diisi saat terjadi transaksi? Kalau sudah paham, mari kita simulasikan laporan keuangan sederhana untuk usaha kecil menengah. Sebelum mengisi pembukuan tersebut, Anda perlu menghitung modal dan hutang usaha yang Anda miliki dan mengetahui neraca awal usaha Anda. Apa itu laporan neraca?

Laporan neraca atau laporan posisi keuangan bertujuan untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan atau usaha pada periode tertentu. Secara umum Neraca terbagi menjadi 3 unsur, yaitu harta, kewajiban dan modal. Harta adalah kekayaan yang dimiliki UKM terdiri dari harta tetap dan harta tidak berwujud. Sedangkan kewajiban adalah utang, yang merupakan utang lancar dan hutang jangka panjang. lalu modal adalah selisih keduanya, yaitu harta yang telah dikurangi dengan utang.

Gunakan Aplikasi Laporan Keuangan untuk Membantu Proses Pencatatan Laporan Keuangan

Bila Anda merasa Anda bukan tipe orang yang terorganisir dalam membuat laporan apalagi menyimpannya, alternatif lainnya adalah dengan membuat laporan menggunakan layanan aplikasi laporan keuangan. Cara ini akan memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan secara otomatis tanpa harus menggunakan kalkulator yang dapat meningkatkan resiko kesalahan.

Ditambah lagi kini sudah banyak aplikasi laporan keuangan yang sudah dilengkapi dengan penghitungan payroll sehingga Anda tidak perlu menghitung secara manual gaji, pajak, dan asuransi karyawan. Kini sudah banyak sekali aplikasi laporan keuangan yang bisa dipilih oleh pengusaha, mulai dari yang gratis dan berbayar. Berikut ini adalah aplikasi laporan keuangan yang paling sering digunakan untuk membantu pencatatan keuangan usaha.

  1. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal merupakan aplikasi laporan keuangan online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Mekari Jurnal adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Mekari Jurnal hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan aplikasi laporan keuangan Mekari Jurnal, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Mekari Jurnal bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan aplikasi laporan keuangan ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, aplikasi laporan keuangan Mekari Jurnal menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Mekari Jurnal telah memiliki keamanan berstAndar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Mekari Jurnal dapat di akses di laman https://www.jurnal.id  dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

  1. Microsoft Excel

Microsoft merupakan salah satu aplikasi laporan keuangan yang paling sering digunakan untuk pembukuan usaha. Meskipun tidak dapat mengupdate data secara otomatis, artinya kita masih harus menggunakan rumus saat melakukan penghitungan, namun tool yang ada di dalam Microsoft Excel cukup lengkap dan penting untuk melakukan pencatatan keuangan seperti penagihan dan kalkulasi transaksi. Tidak hanya itu, masih ada kelebihan lainnya membuat pembukuan keuangan dengan menggunakan aplikasi laporan keuangan Microsoft excel, yaitu:

        Setelan umum yang dapat membantu proses awal pembuatan pembukuan

        Tersedia template excel yang dapat menghemat waktu Anda bila tidak ingin membuat tampilan pembukuan secara manual. Terdapat 2 Template yang disediakan, bila Anda klik File > Wizard Anda bisa memilih berbagai template penting seperti agenda, format surat, atau fax. Sedangkan bila Anda ke menu File > Template Anda bisa memilih template untuk membuat laporan, laporan bisnis dan masih banyak lagi.

        Excel tidak hanya digunakan untuk menginput data atau kalkulasi matematis saja. namun Anda juga bisa menggunakan makro yang terdapat di Tool> Makro atau rumus dengan menggunakan fungsi IF, OR, SUM secara otomatis. Sehingga ini bisa meminimalisir kesalahan saat perhitungan.

        Selanjutnya, Excel juga memberikan kemudahan saat kolega memerlukan revisi atau penyesuaian pada pembukuan. Karena di dalamnya cell nya bisa dituliskan komentar seperti menempelkan post-it notes pada cell.

        Anda bisa mengubah bentuk laporan dalam bentuk grafis. Ini dapat dilakukan dengan mengklik menu Insert > Chart, maka laporan yang semula berbentuk table akan berubah menjadi diagram pie, batang dan lainnya.

 

  1. Hartaku

Hartaku juga termasuk ke dalam aplikasi laporan keuangan online yang menawarkan kemudahan untuk mengurus pembukuan usaha kecil menengah bahkan usaha skala menengah ke atas. Hartaku menyajikan berbagai fitur yang dapat memudahkan pengusaha atau HRD untuk melakukan pembuatan laporan keuangan seperti buku besar, neraca saldo, laba-rugi, perubahan modal, arus kas, jurnal umum, daftar hutang, daftar piutang serta dilengkapi dengan layanan point of sales untuk usaha retail.

Hartaku menawarkan 3 paket yaitu Trial, Basic, dan Pro. Paket trial, pengguna bisa mencoba aplikasi laporan keuangan tersebut secara gratis untuk 1 bulan pertama. Untuk produk Basic, pengguna dikenakan biaya sebesar Rp50.000 per bulannya dengan tambahan layanan transaksi dan user aplikasi. Sedangkan untuk produk Pro pengguna akan dikenakan biaya Rp97.000 perbulan dengan tambahan layanan Fixed Asset, LIFO dan Moving Average.

  1. Easy 3 Accounting

Aplikasi laporan keuangan easy accounting adalah aplikasi laporan keuangan dan point of sales sekaligus software semi-ERP sistem (enterprise resource planning) yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai jenis operasi bisnis dari Distribusi, jasa, retail, konstruksi, developer, rumah sakit, pendidikan, export-import, courier serta perusahan manufaktur. Pada aplikasi ini terdapat fitur utama yang sangat penting yang Import Transaksi yang meliputi pembuatan Jurnal Voucher, Invoice, COA, dan daftar barang serta e-faktur ready.

aplikasi laporan keuangan Easy accounting menawarkan 4 pilihan paket, yaitu Trading, Project, Platinum dan  enterprise. Namun bagi pengguna yang berminat untuk menggunakan aplikasi ini, user bisa mencobanya secara gratis untuk 3 bulan pertama pada setiap paket yang ingin dipilih. Setelah itu, pengguna akan di alihkan ke paket yang sudah dipilih tersebut dengan biaya yang sudah ditetapkan. Untuk biayanya paket-pater tersebut dibanderol mulai dari Rp7 juta hingga Rp33 juta.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: