Teken MoU dengan SMA/SMK, Bawaslu Pangkalpinang Ajak Pelajar Jadi Pemilih Cerdas

Teken MoU dengan SMA/SMK, Bawaslu Pangkalpinang Ajak Pelajar Jadi Pemilih Cerdas

--

PANGKALPINANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (Mou) dengan tujuh SMA/SMK sederajat di Pangkalpinang di Bangka City Hotel Pangkalpinang, Selasa (15/11/2022). 

Penandatangan kerjasama tersebut dalam rangka meningkatkan pengawasan partisipatif untuk mewujudkan pemilu dan pemilihan yang demokratis langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dalam penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan gubernur dan wali kota tahun 2024 mendatang. 

Adapun tujuh sekolah tersebut yakni SMAN 1 Pangkalpinang, SMAN 2 Pangkalpinang SMAN 3 Pangkalpinang, SMKN 4 Pangkalpinang, MAN 1 Pangkalpinang, SMA Muhammadiyah Pangkalpinang dan SMK Bakti Pangkalpinang. 

BACA JUGA: Usai Ringkus Oknum Satpol PP, Oknum di Dinas PUPR PGK juga Diciduk Satresnatkoba Polres Pangkalpinang

Penandatangan MoU dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Pangkalpinang Ida Kumala bersama enam kepala sekolah tersebut yakni Efri Rantos Kepala SMAN 1 Pangkalpinang, Siti Nabsiati Kepala SMAN 3 Pangkalpinang, Zulkifli Kepala SMKN 4 Pangkalpinang, Mega Kastiswan Kepala MAN 1 Pangkalpinang, Drs Edison Taher Kepala SMA Muhammadiyah Pangkalpinang dan Yanuar Teriman Kepala SMK Bakti Pangkalpinang. 

Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Ida Kumala menjelaskan, kerjasama ini masih bagian dari sosialisasi pengawassn pemilu partisipatif pada pemilihan umum serentak tahun 2024 mendatang. 

Hanya saja, katanya, kali ini targetnya  pada lingkungan sekolah mulai dari Kepala sekolah, guru dan pelajar khususnya yang sudah berusia 15-16 tahun. 

BACA JUGA: Satresnarkoba Polres PGK Tangkap 16 Tersangka Narkoba, Termasuk Oknum Satpol PP & Oknum Pegawai BNI

"Jadi melalui kerjasama ini kami mengajak para pelajar, yang mana pada 2024 mendatang sudah berusia 17 tahun untuk ikut partisipatif dalam pengawasan pemilu, karena mereka adalah pemilih pemula," kata Ida saat ditemui babelpos usai kegiatan. 

Karena itu, dikatakan Ida, dalam kesempatan ini pihaknya mengajak para pemilih pemula tersebut untuk menjadi pemilih cerdas pada pemilu 2024 mendatang mulai dari pilpres, pileg hingga pilkada. 

"Kita harapkan para pemilih pemula ini bisa memahami apa yang harus dipilih, siapa yang harus dipilih dan bagaimana orang yang harus dipilih dan ini bisa dilihat dari visi misi calon," tutur Ida. 

BACA JUGA: Mantan Cawako Pangkalpinang Ditahan Bersama Suami

Ida menyebut, saat ini jumlah pemilih pemula di Kota Pangkalpinang yang akan memilih pada 2024 mendatang hampir mencapai 7.000 orang.

Menurutnya, jumlah ini sangat berpotensi luar biasa dalam  meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: