Baznas Bateng Masuk 20 Besar Pengumpul ZIS Terbanyak se-Indonesia

Baznas Bateng Masuk 20 Besar Pengumpul ZIS Terbanyak se-Indonesia

--

BABELPOS.ID, KOBA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Tengah masuk dalam 20 besar pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah  (ZIS) terbesar se-Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Baznas Bangka Tengah, Hasyim Sya'roni kepada babelpos.id pada Jumat (11/11/2022) di Koba.

"Jadi diantara sekitar 513 Baznas yang ada di seluruh Indonesia, Baznas Bangka Tengah masuk dalam 20 besar," ujar Hasyim.

Kata Dia, walaupun Baznas Bangka Tengah terbilang kecil dari segi bangunan maupun fasilitasnya, akan tetapi pendapatannya besar.

"Pengumpulan zakat kita memang terbilang cukup bagus dan kita juga memiliki banyak program serta kegiatan untuk membantu masyarakat membutuhkan," tuturnya.

Tak heran, Hasyim menganggap bahwa Baznas Bangka Tengah mampu bersaing dengan Baznas yang ada di kota-kota besar lainnya.

Lanjut dia, hal itu pun telah diakui dan ditekankan langsung oleh Bupati Bangka Tengah.

"Menjelang akhir tahun ini kita juga sedang gencar-gencarnya menyalurkan bantuan seperti beasiswa pendidikan, bantuan kepada guru ngaji, marbot masjid dan masih banyak lagi," ucapnya.

Diakuinya, terlaksananya berbagai kegiatan itu tidak terlepas dari proses pengumpulan zakat yang cukup baik melalui kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah.

Lebih lanjut, Hasyim menuturkan bahwa sampai saat ini Baznas Bateng telah mengumpulkan ZIS kurang lebih hampir Rp4 miliar.

"Ini semua berkat orang banyak dan kesadaran masyarakat yang mau membayar zakat. Kita targetkan sampai akhir tahun nanti bisa mencapai target Rp4,8 miliar bahkan kalau bisa melebihi Rp5 miliar," tuturnya.

Ia mengatakan besarnya pendapatan tersebut juga sebanding dengan kebutuhan masyarakat saat ini yang terbilang luar biasa, terutama yang mengajarkan bantuan di bidang kesehatan dan pendidikan.

Di luar itu, Baznas Bangka Tengah pun mendapatkan bantuan hibah berupa satu unit mobil senilai Rp380 juta dari Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH).

"Untuk bantuan mobil ini hanya ada dua daerah yang mendapatkan, salah satunya adalah Baznas Bangka Tengah," tutupnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: