Jaga Kelestarian Mangrove, PT TIMAH Tbk Tanam Mangrove di Desa Batu Belubang

Jaga Kelestarian Mangrove, PT TIMAH Tbk Tanam Mangrove di Desa Batu Belubang

--

BANGKA TENGAH - PT TIMAH Tbk gencar melakukan penanaman mangrove sebagai upaya untuk menjaga ekosistem laut. Kali ini, PT TIMAH Tbk menanam  mangrove di Lingkungan RT 3, Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (7/11/2022).

Sebanyak 3000 mangove jenis Pedada ditanam di kawasan ini agar dapat menahan abrasi. Selain itu, mangrove juga memiliki peran penting karena mampu menyerap sekaligus menyimpan karbon. 

BACA JUGA: PT TIMAH Tbk Bantu 9.787 Mitra Binaan untuk Berkembang

Penanaman Mangrove ini juga turut dihadiri Bupati Bangka Tengah, Alfary Rahman beserta Pemerintah Desa Batu Belitung, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Letnan Kolonel (Letkol) Leonardi Hillman dan pelajar. 

Algafry menilai penanaman mangrove memang perlu dilakukan, mengingat Pulau Bangka merupakan wilayah pesisir. Selain menanam, kata dia rehabilitasi mangrove juga perlu dilakukan karena adanya pengikisan air laut. 

“PT TIMAH Tbk sangat luar biasa mendukung masyarakat untuk bisa menanam mangrove di daerah pesisir. Hari ini dilaksanakan di  Batu Belubang yang kita harapkan akan memberikan warna baru. Dan alhamdullilah, masyarakat ini sebenarnya sekian banyak sudah mau peduli terhadap lingkungan," kata Algafry. 

BACA JUGA: Bangun Kampung Adat Gebong, PT TIMAH Tbk Jadi Sarana Edukasi Mengenalkan Kehidupan Orang Lum

Ia berharap, dengan semakin rutinnya kegiatan penanaman mangrove kawasan pesisir di Bangka Tengah akan kembali hijau dan udaranya lebih segar. Ia juga berpesan agar masyarakat dapat menjaga apa yang sudah ditanam. 

Senada, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Letnan Kolonel (Letkol) Leonardi Hillman mengapresiasi program PT TIMAH TBK dalam melakukan pelestarian lingkungan. 

“Kegiatan seperti ini sangat seleras dan sangat erat kaitannya dengan salah satu tupoksi Bakamla, karena selain mengamankan dan menyelamatkan juga ada yang namanya melestarikan seperti penanaman mangrove ini," ujar Leo.

BACA JUGA: PT TIMAH Tbk Raih Penghargaan ESG Disclosure Awards 2022

Leo berharap, dengan dilibatkan pelajar sekolah dasar dalam kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan tentang pelestarian lingkungan. 

Sementara itu, Kepala Desa Batu Belung Ahirman mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan di Desa mereka. Sebelumnya mereka telah memiliki tanaman mangrove, namun ingin menambah jenisnya. 

“Ini merupakan anugerah bagi kami dan juga tantangan untuk kami sebagai pemerintah Desa Batu Belubang. Kedepan, dengan adanya bantuan ini kami memiliki tanggung jawab dalam hal ini untuk pemeliharaan agar bisa tumbuh subur," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: