Dinkes Babel Gelar Aksi Bergizi Serentak

Dinkes Babel Gelar Aksi Bergizi Serentak

Aksi Bergizi Serentak di SMA Setia Budi Sungailiat yang diikuti Wabup Bangka Syahbudin.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke 58 tahun 2022 dengan tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” di Provinsi Bangka Belitung (Babel), diisi dengan pencanangan Gerakan Nasional Aksi Bergizi Tahun 2022.

Kegiatan diselenggarakan Dinas Kesehatan Babel serentak di 7 kabupaten kota, salah satunya di halaman gedung SMK Negeri 5 Pangkalpinang, Rabu (26/10/2022). 

Babel sendiri masuk 10 besar nasional sekolah terbanyak yang mengikuti aksi bergizi.

BACA JUGA:3 dari 10 Anak Mengalami Anemia, Pemkab Bangka Canangkan Gerakan Aksi Bergizi di SMA Setia Budi

Kegiatan yang dibuka Asisten 1 Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Pangkalpinang, Akhmad Subekti ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, dr. Hastuti, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Heri Setiawan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah I, Syamsul Bahri, Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Pangkalpinang, Siti Marfu`ah beserta jajaran guru, staf dan peserta didik di lingkungan SMK Negeri 5 Pangkalpinang.

Memberikan sambutan di awal pembukaan kegiatan, Syamsul Bahri mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan gerakan nasional aksi bergizi tahun 2022 tingkat Provinsi Babel. Aksi yang sama juga serentak dilaksanakan di seluruh tanah air.

Ia menyebut bahwa aksi ini merupakan salah satu rangkaian penting sekaligus upaya berkelanjutan dalam pencegahan stunting, dengan kebiasaan baik sarapan pagi agar bisa beraktivitas dengan baik, menyiapkan kantin sehat, membiasakan sejak dini memilih jajanan yang memenuhi syarat kesehatan dan lain sebagainya. SMKN 5 Pangkalpinang salah satunya juga harus ikut menjadi triger bagi sekolah lainnya maupun masyarakat secara umum hingga pentingnya mengkonsumsi pil tambah darah.

BACA JUGA:Puan Terus Perjuangkan RUU KIA, Agar Gizi Ibu dan Anak Lebih Terjamin

”Tentunya ke depan dalam upaya berkelanjutan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat juga harus ikut di dukung seluruh element masyarakat,” ujarnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr. Hastuti yang membuka secara resmi kegiatan ini, menyampaikan bahwa pemerintah pusat telah mencanangkan tanggal 26 Oktober setiap tahunnya sebagai hari aksi bergizi nasional. Di Babel digelar aksi serentak termasuk yang dilakukan di SMKN 5 Pangkalpinang dengan melaksanakan rangkaian senam bersama, makan pagi bersama hingga pemberian dan aksi minum tablet tambah darah.

Menurut dr. Hastuti aksi pemberian dan minum tablet tambah darah ini juga akan dipantau termasuk oleh Dinkes Provinsi Babel bersama pihak terkait, supaya terjadi pemerataan dan terwujud kesehatan prima khususnya di lingkungan peserta didik.

BACA JUGA:Ketua TP PKK Melati: Makanan Bergizi Tidak Harus Mahal

”Kita harapkan semoga aksi baik ini juga dapat dilakukan berkelanjutan di sekolah, minimal 1 pekan sekali, sehingga dampak dari program ini akan terus dapat dirasakan manfaatnya ke depan oleh masyarakat kita,” harapnya.

Asisten 1 Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Pangkalpinang, Akhmad Subekti, mengajak masyarakat khususnya juga di lingkungan dunia pendidikan untuk tidak “jaim” untuk membiasakan diri sarapan pagi sebelum beraktivitas berangkat sekolah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: