Menuju UMKM Naik Kelas, PT Timah Tbk Lakukan Pembinaan Terintegrasi Bagi Mitra Binaan

Menuju UMKM Naik Kelas, PT Timah Tbk Lakukan Pembinaan Terintegrasi Bagi Mitra Binaan

--

BANGKA BELITUNG - UMKM menjadi salah satu sektor yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. UMKM juga berperan dalam penyerapan lapangan pekerjaan. Menyadari hal ini, PT Timah Tbk sebagai perusahaan pertambangan melalui CSR nya juga mendorong pengembangan UMKM melalui berbagai program.

Program pengembangan UMKM yang dilakukan PT Timah Tbk dilaksanakan secara terintegrasi. Dari sisi permodalan, PT Timah Tbk memiliki Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK).

BACA JUGA: Tranformasi Budaya K3, Medio Sembilan di 2022 PT Timah Tbk Masih Zero Fatality dan Zero Cidera Berat

Para mitra binaan PT Timah Tbk yang potensial juga mendapatkan pelatihan untuk pengembangan produk seperti pelatihan ecoprint yang dilaksanakan bagi para mitra binaan di Pangkalpinang dan akan dilaksanakan di Belitung. 

BACA JUGA: 100 Paket Sembako Disalurkan PT Timah Tbk di Sembilan Desa Kecamatan Tempilang

Pelatihan ecoprint ini juga dilakukan bagi masyarakat umum seperti yang dilaksanakan di Dusun Air Abik, Kabupaten Bangka sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di lingkar tambang. 

BACA JUGA: Taman Permai di Kawasan Unit Metalurgi Muntok PT Timah Tbk, Ruang Terbuka Hijau yang Nyaman untuk Rekreasi

Dari sisi pengelolaan keuangan, PT Timah Tbk mendorong pelaku UMKM untuk melek dan memanfaatkan teknologi pengelolaan keuangan berbasis digital. 

BACA JUGA: Semarakkan Hari Jadi ke 151 Kota Manggar, PT Timah Tbk Dukung Kegiatan Serumpun Jazz Festival

Untuk itu, PT Timah Tbk mengadakan pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan UKM Berbasis digital yang dilaksanakan di Pangkalpinang dan Tanjung Balai Karimun. 

BACA JUGA: PT Timah Tbk Raih Penghargaan Subroto 2022

Melalui Pelatihan ini, diharapkan para UMKM mitra binaan PT Timah Tbk bisa lebih maksimal dalam melakukan pengelolaan keuangan sehingga dapat melihat perkembangan kemajuan usaha yang dijalankan. 

BACA JUGA: Kampong Reklamasi Selinsing PT Timah Tbk Jadi Lokasi Gerakan Penghijauan dan Penebaran Bibit Ikan

Selain melaksanakan pembinaan secara mandiri, PT Timah Tbk juga melibatkan para mitra binaan untuk mengikuti program bersama Kementerian Perdagangan yang meliputi sosialisasi pengembangan merek produk dalam negeri yang dilaksanakan di hotel swiss bell, pameran produk UMKM khusus produk makanan dan kerajinan di Summarecon Mall Serpong, pameran produk UMKM untuk menyambut G20 di Tanjung Kelayang - Belitung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: