Bersejarah, DKP Gelar Seminar Literasi Bersama Tere Liye, Bupati Beri Apresiasi

Bersejarah, DKP Gelar Seminar Literasi Bersama Tere Liye, Bupati Beri Apresiasi

--

BABELPOS.ID, PANGKALAN BARU - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah (Bateng) menggelar acara seminar literasi dengan tema "Melalui Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Menulis Kita Wujudkan Masyarakat Bangka Tengah yang Cerdas, Inovatif dan Semakin Unggul" di Ballroom Soll Marina Bangka pada Kamis, (6/10/2022).

Acara ini menghadirkan tiga narasumber hebat, yakni Bunda Baca Bateng, Eva Algafry Rahman, Redaksi Rubrik Opini Ibnu Taufik Juwariyanto dan Penulis Buku Best Seller, Tere Liye.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan apresiasi kepada DKP Bateng yang pada tahun 2022 ini telah melaksanakan Seminar Literasi dengan menghadirkan narasumber yang luar biasa dan diharapakan dapat menarik masyarakat Babel, khususnya Bateng agar lebih mencintai dunia literasi.

"Pelaksanaan kegiatan seminar literasi ini dengan tujuan tidak hanya terbatas kecakapan membaca menulis dan berpikir kritis saja, melainkan juga melek segenap pengetahuan, informasi dan data. Apalagi literasi bukan hanya sekedar membaca, tapi bagaimana seseorang bisa menyerap nilai-nilai positif dari apa yang dibaca, kalau yang sekedar bisa baca banyak, tapi belum tentu terliterasi dengan baik," ujarnya.

Dikatakan Algafry, buku adalah jendela dunia, dengan membaca kita bisa menjelajah dunia. Namun sayangnya, semboyan tersebut hanya dipergunakan sebagai penghias semata. Pada kenyataannya, minat baca pada kalangan masyarakat masih rendah. 

"Perpustaaakkan sebagai pusat literasi di tengah masyarakat tidak akan terwujud jika daerah masih abai dalam pemeliharaan dan pemanfaatan perpustakaan, oleh karena itu kami melalui DKP Bateng sedang berusaha untuk mengejar pembangunan gedung dengan Dana Alokasi Khusus dari Perpustakaan Nasional yang rencananya akan berlokasi di Lapangan eks Kobatin," tuturnya.

"Mohon doa dan restunya agar pembangunan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan terealisasikan dan melalui seminar ini semoga dapat memberi pengaruh yang lebih luas terhadap kemampuan literasi masyarakat di Bangka Tengah," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Bunda Baca Bangka Tengah, Eva Algafry Rahman menyampaikan apresiasi kepada DKP Bangka Tengah, yang telah mempersiapkan dan melaksanakan acara pada hari ini dengan sangat baik.

"Berbicara mengenai literasi maka kita akan terbayang tentang pembiasaan membaca dan menulis, yang mana beberapa kegiatan telah kami lakukan dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat Kabupaten Bangka Tengah seperti Bunda Baca untuk Ibu Hamil (BUMIL), Baca Keliling Menambah Ilmu (BALING BAMBU) dan Diskusi Isi Buku (SIBUK)," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Bateng, Irwandi mengatakan acara seminar ini merupakan hari yang bersejarah bagi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah.

"Ini acara perdana kita dibawa asuhan Bunda Baca Bangka Tengah, Eva Algafry Rahman, yang mana kita bisa membawa penulis nasional ke sini, yakni Tere Liye dan ini merupakan langkah awal untuk menimba ilmu, bukan hanya tingkat lokal namun juga nasional," tuturnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: