Usung Tema Kenali Anak Sejak Dini, Gebyar Anak PAUD Bateng Berlangsung Semarak

Usung Tema Kenali Anak Sejak Dini, Gebyar Anak PAUD Bateng Berlangsung Semarak

--

BABELPOS.ID, NAMANG - Mengusung tema "Kenali Potensi Anak Sejak Dini" Gebyar Anak PAUD Kabupaten dalam rangka memperingati hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Tahun 2022 berlangsung semarak di Lapangan Bola Desa Namang pada Selasa, (4/10/2022).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan bahwa kualitas anak dan generasi muda sangat menentukan tingkat kemajuan sebuah bangsa.

"Anak ini perlu mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosial dan harus memperoleh perlindungan dan terpenuhinya hak-haknya," ujarnya.

Menurut Algafry, pemenuhan atas hak-hak anak di masa sekarang merupakan jaminan atas ketersediaan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas di Kabupaten Bangka Tengah, apalagi melihat pentingnya posisi-posisi anak sebagai elemen dari masyarakat.

"Peringatan Hari anak nasional setiap tanggal 23 Juli yang dilaksanakan setiap tahun, baik di tingkat pusat maupun daerah merupakan pengingat bagi kita bahwa anak merupakan individu yang unik dan penuh dengan potensi," tuturnya.

Kata Alagfry, anak-anak ini memiliki empat hak yakni hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi, yang mana pihaknya telah melakukan 

berbagai upaya antara lain memperbaiki berbagai layanan bagi anak meliputi sisi pendidikan, kesehatan serta pemenuhan hak anak lainnya.

"Hal ini bukan hanya tugas pemerintah, namun juga seluruh elemen masyarakat termasuk elemen sekolah terdiri dari kepala sekolah dan guru serta elemen keluarga yang terdiri dari orang tua (ayah dan ibu)," tuturnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Bangka Tengah, drg. Eva Algafry mengatakan bahwa peringatan HAN dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap Perlindungan Anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

Ia berharap pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati menghargai dan menjamin hak-hak anak, tanpa diskriminasi dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya. 

"Saya berharap semua pihak turut berperan dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal serta dapat memenuhi hak-hak anak yang ada di Kabupaten Bangka Tengah ini dan semoga anak-anak Bangka Tengah selalu sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia," harapnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: