PLN Babel Go Live Komersialisasi Co-firing PLTU Air Anyir, Menuju Babel Green Energy

PLN Babel Go Live Komersialisasi Co-firing PLTU Air Anyir, Menuju Babel Green Energy

--

"PJP Service inilah yang mengoperasikan PLTU Air Anyir, dimana PJP Service adalah cucunya PLN yang diberikan amanah untuk mengoperasikan salah satu PLTU Air Anyir.

Jadi untuk mendukung pemerintah target bauran energi nasional untuk energi baru terbarukan, maka PLTU Air Anyir ini akan kita konversikan dari batu bara dengan energi yang terbarukan seperti woodchips ini," terang Purwono.

Hanya saja, kata Purwono, mengingat pasokannya tidak mudah, maka program ini dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, lanjutnya, ukurannya masih 95 persen batu bara dan 5 persen woodchips. 

"Nantinya penggunaan woodchips ini akan terus ditingkatkan hingga 100 persen. Jadi memang tantangan dari penggunaan energi baru terbarukan ini adalah rantai pasok.

Jadi makanya kami sangat bersyukur dan mengapresiasi jika stakeholder di wilayah PLTU Air Anyir ini sanggup untuk menyediakan supply woodchips ini," tutur Purwono. 

Lebih lanjut dijelaskan Purwono, secara tidak langsung program Co-firing ini adalah mengurangi penggunaan batu bara pada PLTU. Apalagi seperti diketahui, saat ini pemerintah sudah tidak membangun PLTU, sehingga PLTU yang ada akan diupayakan tidak menggunakan bahan bakar batu bara lagi, melainkan energi terbarukan seperti woodchips. 

"Dan dalam uji coba ini, ini sudah terbukti berhasil, dimana penggunaan woodchips ini sangat efektif dalam memastikan terjadinya karbon netral, sehingga tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Dan inilah salah satu istimewanya dari penggunaan woodchips ini, cuma tadi tergantung pasokannya, kalau lancar, 100 persen pun bisa kita gunakan woodchips ini," tandas Purwono.(pas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: