Unik Lagi Seru, Lomba Balap Krito Surong di Kenanga

Unik Lagi Seru, Lomba Balap Krito Surong di Kenanga

SUNGAILIAT - Krito Surong, alat angkut tradisional masyarakat Bangka tempo dulu kini diangkat kembali jadi produk wisata Kabupaten Bangka lewat event lomba Surong Krito. Lomba digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka bersama Kadin dan masyarakat Kenanga dalam memeriahkan tahun baru 1 Muharram, Minggu (31/7) di lapangan bola Kenanga, Sungailiat.

Dalam lomba ini setiap peserta terdiri dari 2 orang. Pasangan ini ada yang berposisi sebagai penumpang, sementara satunya menjadi pengemudi yang mendorong dan mengendalikan kereta angkut dari kayu tersebut. Peserta berlomba adu cepat melewati trek di lapangan bola Kenanga.

Lomba Surong Krito dengan tema ”Yo Seperadik Kite Lestarikan Budaya Bangka Kite Same-same” tersebut dibuka Staf Ahli Bupati Bangka Ir Jumani. Tampak hadir, Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung, Ir Agung Setiawan MM; Anggota DPRD Bangka Firdaus Johan; Tokoh Masyarakat Kenanga, Evawi dan Rustam; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna; Ketua Kadin Bangka, Kwartanto serta Lurah Kenanga.

Rismy Wira Madonna mengatakan lomba Surong Krito merupakan bagian dari usaha untuk melestarikan lomba tradisional yang masuk kebudayaan tak benda Kabupaten Bangka.

"Ini masih dalam skala lokal, dan kita mempunyai rencana akan mengelar dalam kegiatan yang dinamakan kegiatan pesta rakyat, dengan mengelar berbagai perlombaan tradisional, termasuk lomba surong krito, pecah biji karet, bakiak, lompat karung, sembilun dan semuyek gom dan lainya," jelas Wira.

Anggota DPRD Bangka Belitung, Agung Setiawan mengapresiasi pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, telah menyelenggarakan lomba trasional Surong Krito. 

"Kegiatan ini sangat bagus sebagai pelestarian budaya, sehingga bisa dikenal oleh generasi muda dan juga bagian dari hiburan bagi masyarakat Kenanga dan Kabupaten Bangka pada umumnya," ujarnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: