PLN Babel Gelar Lomba Inovasi Electrifiying Lifestyle 2022 Bagi Pelajar SMA/SMK

PLN Babel Gelar Lomba Inovasi Electrifiying Lifestyle 2022 Bagi Pelajar SMA/SMK

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung menggelar lomba Inovasi Electrifying Lifestyle 2022 bagi pelajar SMA/SMK se-Provinsi Bangka Belitung. 

Kegiatan yang berlangsung di SMK Negeri  4 Kota Pangkalpinang ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur Babel Ridwan Djamaludin yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, Ervawi, Kamis (28/7/2022). Turut hadir Kepala SMKN 4 Pangkalpinang, Zulkifli.

Ganeral Manager PT PLN UIW Babel, Amris Adnan yang diwakili Senior Manager Teknik, Tumpal Hutapea menyampaikan, saat ini istem kelistrikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki dua sistem kelistrikan besar yaitu Sistem Kelistrikan Bangka dan Sistem Kelistrikan Belitung.

BACA JUGA: Beraksi di 9 TKP, Spesialis Jambret Kalung Emas Diringkus Buser Naga

Untuk Pulau Bangka sendiri, katanya, saat ini sudah terhubung jalur kabel TOL Laut yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera Selatan. Hal ini membuat Surplus Energi yang sangat besar di Pulau Bangka, sehingga perlu adanya pemanfaaatan energi ini oleh masyarakat secara luas tanpa khawatir dengan kecukupan energi. 

BACA JUGA: Kuota Rekrutmen ASN/PPPK Tahun 2022, Ada Peluang Pelamar Umum?

“Untuk itu hari ini PLN mengajak seluruh insan pelajar SMA/SMK se Provinsi Babel untuk bergaya hidup Electrifying Lifestyle melalui kompetisi lomba,” ujar Timpal.

BACA JUGA: PLN Sukses Konversi 1.000 Kompor LPG ke Kompor Induksi

Timpal menjelaskan, Electrifying Lifestyle merupakan gerakan mengajak masyarakat mengaplikasikan gaya hidup baru dengan lebih mengoptimalkan penggunaan peralatan elektrik yang bebas emisi pada kehidupan sehari-hari. Karena itu, dia berharap melalui lomba ini baik guru maupun pelajar dapat mengkampanyekan dan menemukan inovasi serta kreasi baru pada perlombaan ini.

BACA JUGA: 19.017 Pelanggan PLN di Babel Terkena Dampak Penyesuian Tarif Listrik

Dikatakan Timpal, dalam lomba Inovasi Electrifying Lifestyle ini, ada beberapa karya yang bisa ditampilkan yakni perangkat elektronik hasil inovasi atau konversi dari sebelumnya menggunakan bahan bakar fosil/gas beralih ke listrik, piranti lunak atau software atau aplikasi yang berguna bagi masyarakat, alat sensor atau pemindai, motor atau mesin penggerak ramah lingkungan (transportasi, pertanian, perkebunan, bengkel atau perkantoran), varian lampu atau sound via aplikasi dan peralatan memasak atau mengolah makanan tepat guna.

“Untuk batas pengiriman karya inovasi paling lambat 15 September 2022 pukul 23:59 WIB dan akan kami umumkan setelahnya mulai dari penjurian 16-21 September 2022 serta akan kita umumkan pemenangnya pada akhir September mendatang,” terang Timpal.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, Ervawi menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas lomba yang diselenggarakan oleh PLN Babel. Menurutnya, dengan melibatkan para pelajar dalam mengedukasikan Electrifying Lifestyle ke masyarakat adalah langkah yang sangat tepat.

“Karena para pelajar ini nantinya akan bercerita tentang gaya hidup ini, dimana nantinya gaya hidup masyarakat sudah beralih ke elektonik dengan sistem kelistrikan,” kata Ervawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: