Di Desa Penyamun, Menteri Bintang Puspayoga Me launching Model Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Di Desa Penyamun, Menteri Bintang Puspayoga Me launching Model Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak

\"Libatkan tokoh agama, tokoh adat, dan juga tokoh msayarakat. Saya sharing di sini, ada pengalaman/praktek baik yang dilakukan kades di salah satu wilayah 3T memberikan sanksi sosial. Jadi ketika ada acara pernikahan anak yang belum cukup umur digelar, Kades tersebut tidak hadir. Bagi masyarakat ketidakhadiran aparat tersebut menjadi sanksi sosial bagi mereka. Jadi langkah ini bisa di adopsi dengan bentuk sanksi sosial yang disesuaikan dengan budaya di sini,\" ungkapnya.

Selain itu, Menteri Bintang Puspayoga juga menghimbau agar kades membuat peraturan desa dan kegiatan sosialisasi di setiap kegiatan agama maupun acara adat di desa.

Atas kehadiran Menteri Bintang di Babel, Wakil Gubernur Abdul Fatah mengucapkan terima kasih.

\"Kehadiran beliau di sini hendaknya memperkuat sinergi dan kolaborasi kita dalam mewujudkan Bangka Belitung Ramah Perempuan dan Peduli Anak,\" ujarnya.

Melalui launching dan penandatanganan fkata integritas hari ini bisa menjadi motor untuk menciptakan sumber daya manusia Babel yang berkualitas dan berdaya saing global.

\"Terlebih yang menjadi perhatian kita yakni tingginya perkawinan anak dan stunting di beberapa wilayah di Babel. Di sini strategi yang dapat kita lakukan yakni promotif dan preventif. Saya harap pemerintah dan stakeholder punya komitmen untuk aksi ini, \"pungkasnya.

Kegiatan kemudian di akhiri dengan penandatanganan komitmen DRPPA, penandatanganan fakta integritas pencegahan perkawinan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Penyematan dan Penyerahan KIA serta Bantuan Kit DRPPA.

Hadir dalam kegiatan Bupati/Wakil Bupati/Perwakilan dari 7 Kab/Kota, Kapolres Kabupaten Bangka, Kepala Kanwil Agama, Kepala DP3ACSKB serta perwakilan instansi dan dinas terkait.

Penulis : Imelda
Foto : Fajar
Editor: Lisia Ayu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: