Buka PTQ LPP RRI Sungailiat ke 52, Bupati Mulkan Berharap Lahirkan Qori Qoriah Terbaik

Buka PTQ LPP RRI Sungailiat ke 52, Bupati Mulkan Berharap Lahirkan Qori Qoriah Terbaik

SUNGAILIAT - Bupati Bangka Mulkan SH MH membuka Pekan Tilawatil Quran (PTQ) LPP RRI Sungailiat ke 52 tahun 2022, di Masjid Agung Sungailiat Minggu (1/4/2022).

Turut hadir Ketua MUI Bangka H Saipul Zohri, Waka Polres Bangka Kompol R Wardana, Kepala Bagian Kesra Setda Bangka Toni Ali, Kepala LPP RRI Agung Prasetya Rosihan Anwar, Kepala BPBD Bangka, M Nursi serta Ketua Tim PKK Kabupaten Bangka Yusmiati.

Bupati Mulkan mengucapkan terima kasih kepada LPP RRI Sungailiat berkat terselenggaranya LPQ LPP RRI ke 52 yang diselenggarakan di Masjid Agung Sungailiat 1-2 April.

PTQ RRI diharapkannya menjadi kegiatan positif dalam bulan suci Ramadan, yang selain bisa melakukan syiar Islam, juga untuk menyalurkan bakat bagi generasi muda serta memberantas buta aksara Alquran di Kabupaten Bangka.

\"Kegiatan ini kita harapkan akan melahirkan Qori dan Qoriah terbaik dari daerah ini, yang akan mewakili daerah ini, ke PTQ tingkat nasional,\" harapnya.

Sedangkan, Kepala LPP RRI Sungailiat, Agung Prasatya Rosihan Umar mengatakan, PTQ tingkat provinsi merupakan agenda rutin LPP RRI setiap tahunnya dan diselenggarakan serentak seluruh Satker RRI se Indonesia.

PTQ tingkat Provinsi Bangka Belitung 2022 dilaksanakan secara tatap muka setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan kelonggaran penerapan protokol kesehatan.

\"Kegiatan PTQ tahun ini kami pusatkan di Masjid Agung Sungailiat dengan tatap muka, berbeda dengan dua tahun sebelumnya disaat pandemi Covid-19 yang memaksa diselenggarakan dengan cara virtual,\" jelasnya.

Dua cabang yang diperlombakan pada PTQ 1443 Hijriah yakni cabang Tilawah dan cabang Tausiyah, sedangkan cabang Tahfiz Quran (15 juz) sudah ditetapkan dua orang Hafiz dan Hafidzoh (Ryhanda dan Fitriyah). Keduanya cukup baik dan layak mewakili Provinsi Bangka Belitung karena sudah mendapat rekomendasi dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) provinsi.

\"Untuk cabang khusus peserta difabel ditiadakan karena tidak ada pesertanya,\" katanya.

Agung Prasatya mengatakan, peserta yang dinyatakan berhasil atau menjadi juara pada cabang Tilawah langsung terpilih mewakili Provinsi Bangka Belitung mengikuti PTQ tingkat nasional ke-52 akan dilaksanakan di Takengon Aceh Tengah pada 13-17 April 2022.

\"Kita berharap ada peserta asal Kabupaten Bangka khususnya pada cabang Tilawah berhasil mewakili Provinsi Bangka Belitung ikut dalam PTQ tingkat nasional,\" katanya.

Jumlah peserta cabang Tausiyah sebanyak 11 orang terdiri empat perempuan dan tujuh orang laki-laki.

Sementara cabang Tilawah terdaftar jumlah peserta sebanyak 23 orang terdiri 12 orang perempuan dan 11 orang peserta laki-laki. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: