Kemenkumham Bangun Rutan di Bangka Tengah, Siapkan Dana Rp54 Miliar

Kemenkumham Bangun Rutan di Bangka Tengah, Siapkan Dana Rp54 Miliar

KOBA - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berencana akan membangun Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), tepatnya di Jalan Simpang Jongkong, Kecamatan Koba, Bangka Tengah dengan luasan sekitar 5 hektar.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung, Itun Wardatul Hamro saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bangka Tengah di ruang Sekda Bateng, Kamis (7/4/2022).

\"Rencananya kami akan membangun rutan di Bangka Tengah ini, karena selama ini Bangka Tengah belum memiliki rutan, sementara penitipan tahanan-tahanan masih di Sungailiat yang jaraknya lumayan jauh,\" ujarnya.

\"Sehingga agar pelayanan terhadap masyarakat semakin baik, kami berencana membangun rutan di Bangka Tengah, dengan kapasitas 300 orang,\" sambungnya.

Dikatakan Itun, pelaksanaan pembangunan rutan tersebut akan dilakukan pada tahun 2023 mendatang.

\"Insyaallah kalau prosesnya baik dan lancar, akan mulai kita bangun di tahun 2023, namun tetap akan berkoordinasi dengan pihak pusat,\" terangnya.

Ia menuturkan untuk anggaran pembangunan rutan, sejauh ini pihaknya menyiapkan dana sebesar Rp54 miliar.

\"Untuk hitungan kasarnya sekitar Rp 54 miliar,\" ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Bateng, Sugianto mengatakan pembangunan rutan tersebut dapat memajukan perekonomian di Bangka Tengah.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung (Babel) atas rencana pembangunan rutan di daerahnya.

\"Kami sangat berterima kasih untuk rencana pembangunan rutan oleh Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung (Babel),\" ujar Sugianto kepada Babel Pos, Kamis (7/4/2022) di Koba.

Dikatakan Sugianto, pembangunan ini merupakan bentuk pelayanan pihaknya kepada masyarakat, karena selama ini masyarakat Bangka Tengah yang ingin menjenguk kerabatnya harus jauh-jauh ke lapas yang ada di Pangkalpinang ataupun Sungailiat.

\"Insyaallah pembangunan ini dapat menggerakan perekonomian di Bangka Tengah dan kami harap pembangunan rutan ini bisa segera dilakukan, agar nilai ekonomi yang ada bisa terwujud nyata,\" harapnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: