Pelatihan Budidaya Lele, Cara Karang Taruna Bangka Dukung Ketahanan Pangan

Jumat 18-10-2024,13:38 WIB
Reporter : Yudi
Editor : Jal

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Karang Taruna Kabupaten Bangka menggelar pelatihan budidaya ikan berbasis komunitas tahun 2024, di Teaching Farm Aquatic Karang Taruna Eco Garden di Kelekak Bantun Desa Pagarawan Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Kamis (17/10/2024).

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bangka, Ujang Suprianto mengatakan pelatihan budidaya ikan berbasis komunitas tahun 2024 ini bekerja sama dengan Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) Bangka Ikan Sejahtera Karang Taruna (BIS KATANA).

Tujuan pelatihan untuk menumbuhkan minat budidaya ikan terutama lele bagi warga masyarakat dan juga untuk meningkatkan kemampuan kapasitas teknis budidaya lele.

"Ini juga untuk memberikan bekal cara budidaya ikan lele bagi peserta yang akan melakukan usaha budidaya ikan lele," ujar Ujang Suprianto kepada wartawan Jumat (18/10/2024).

BACA JUGA:Dilantik jadi Ketua Karang Taruna Desa Rukam, Topandra Ingin Perubahan Lebih Baik

BACA JUGA:Dukung Program Adiwiyata, Karang Taruna Bangka Bagikan 10.000 Bibit Ikan di Sekolah

Pelatihan iikuti 50 peserta perwakilan Komunitas, Karang Taruna Desa, perwakilan mahasiswa, dan unsur pondok pesantren di Kabupaten Bangka.

Materi yang diberikan meliputi budidaya Lele yang meliputi manajemen kualitas air dan persiapan kolam, persiapan penebaran benih, pemilihan benih, pemberian pakan, pengendalian dan pencegahan penyakit, panen dan pasca panen.

Dalam Kegiatan tersebut para pemateri berasal dari DPD Ikatan Sarjana Perikanan (SPIKANI) Provinsi Bangka Belitung tentang mengenai tekhnik Budi daya Ikan Lele dan  Manager K3L IUW PLN Bangka Belitung, Eko Hadianto.  

BACA JUGA:Soal PJ Bupati Bangka, Karang Taruna Ingatkan 5 Poin Ini

BACA JUGA:BBKT 2023, Karang Taruna Bangka Tebar Penghargaan

Selaku Pembina Pokdakan Bis Katana, Ujang menambahkan pelatihan ini merupakan program keberlanjutan Karang Taruna Bangka dalam mendukung ketahanan pangan dan ketersediaan gizi bagi generasi muda di Kabupaten Bangka, yang kali ini berkolaborasi dengan PLN Peduli.

"Kita harapkan kegiatan ini mampu memberikan nilai positif untuk kemajuan budidaya perikanan di Kabupaten Bangka dan Provinsi Bangka Belitung."

"Hasil kegiatan tersebut ini ditindaklanjuti dalam program penyebaran bantuan benih Ikan lele sbanyak 85.000 ekor untuk Komunitas Budidaya berbasis Pondok Pesantren," tambahnya. 

BACA JUGA:Karang Taruna Bangka Ajari Pemuda Budidaya dan Bikin Pakan Ikan

Kategori :