Cegah Tahanan Kabur, Polresta Pangkalpinang Rutin Cek Keamanan dan Kondisi Ruang Tahanan

Minggu 25-08-2024,19:43 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Piket Pawas, Piket Provos, Piket Fungsi dan Piket Jaga Tahanan secara rutin melaksanakan pengecekan secara langsung ke Ruang Tahanan Polresta Pangkalpinang guna memastikan tahanan dalam keadaan aman, sehat dan lengkap, Minggu (25/8/2024). 

Pengecekan dilaksanakan secara berkala diruang tahanan memastikan semua kamar tahanan dalam keadaan terkunci dan kepada petugas jaga tahanan dipastikan dalam kondisi siaga serta kamera pemantau atau CCTV dipastikan beroperasi dengan baik. 

BACA JUGA:Semarak Kemerdekaan RI Lingkungan Parit Padang, dari Jalan Santai Sampai Balap Karung

KBO Satsamapta selaku Piket Pawas Polresta Pangkalpinang, Ipda Akhmad Syawkani mengatakan, pengecekan ruang tahanan tersebut dilakukan dengan tujuan selain mengecek jumlah tahanan juga mengecek kesehatan para tahanan. Selain itu, dilakukan pengecekan barang-barang yang berada di dalam ruang tahanan. 

BACA JUGA:Selasa Pendaftaran Paslon Pilkada Dibuka, KPU Basel Beberkan Persyaratannya

"Dalam pengecekan langsung kepada penghuni tahanan, kita juga menanyakan tentang kondisi dan keadaan para tahanan. Hal tersebut merupakan langkah humanisme dari Piket Pawas, Piket Provos, Piket Fungsi dan Piket Jaga Tahanan agar tidak ada tahanan yang sakit, melarikan diri (kabur) serta ruang tahanan pun dalam keadaan bersih," kata Ipda Akhmad Syawkani, Minggu (25/8/2024). 

BACA JUGA:Pendaftaran Cakada Basel, Berikut Tahapannya

Disamping mengecek tahanan, dikatakan Syawkani, pihaknya juga tak lupa mengingatkan kepada petugas jaga tahanan agar tetap siaga dan meningkatkan kewaspadaannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, melakukan kontrol kepada tahanan khususnya terkait masalah kesehatan dan kebersihan serta keamanan tahanan.

BACA JUGA:Disnaker Babel Borong Empat Penghargaan

Dia mengatakan, kegiatan rutin yang dilakukan kepada tahanan termasuk rutin setiap jam dan detail meliputi  pengawasan terhadap benda-benda membahayakan.

"Petugas pos jaga agar jeli dan waspada terhadap yang besuk tahanan, terutama dalam pengiriman makanan sebagai antisipasi dan pencegahan barang tajam dan makanan yang berbahaya jangan sampai lolos ke ruang tahanan," tandasnya.

Kategori :