Pura-pura Salat, Pria Asal Sumsel Ini Incar Motor di Masjid, Ketahuan Usai Ditangkap Maling Kotak Amal

Senin 08-07-2024,08:44 WIB
Reporter : Agus
Editor : Jal

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Seorang pria asal Provinsi Sumatera Selatan bernama Martin Risiano Putra (30) ditangkap polisi usai mencuri motor yang terparkir di Masjid Ar-Raudhah Kelurahan Gedung Nasional Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang. Modusnya berpura-pura menunaikan salat di masjid tersebut. 

Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang, AKP Muhammad Riza Rahman, S.I.K mengatakan, terungkapnya kasus pencurian sepeda motor tersebut setelah pelaku tertangkap tangan oleh warga saat mencuri kotak amal Masjid Ar-Raudhah Pangkalpinang. Peristiwa tersebut, kata dia, terjadi pada Minggu (7/7/2024) sekira pukul 09.30 WIB. 

"Saat ditangkap pria ini berpakaian Gamis. Jadi modusnya pelaku pura-pura salat di masjid tersebut. Saat mencuri kotak amal, pelaku ketahuan warga yang kemudian diserahkan ke Polsek Taman Sari, selanjutnya pelaku diserahkan ke Polresta Pangkalpinang untuk diperiksa lebih lanjut," ungkap Riza kepada Babel Pos, Senin (8/7/2024). 

BACA JUGA:Bawa Istri Anak Bongkar Kotak Amal Masjid Belinyu, Sungailiat, Tempilang, Akhirnya Tertangkap di Pagarawan

BACA JUGA:Kabur, Bandit Kotak Amal Nyaris Bonyok

Saat diinterogasi itulah, kata Riza, pelaku juga mengaku melakukan pencurian di sejumlah tempat. Salah satunya, mencuri satu unit sepeda motor merk Yamaha Jupiter warna hitam orange Tahun 2004 dengan nomor polisi BN 5798 PO yang sedang terparkir di samping Masjid Ar-Raudhah Pangkalpinang pada Jumat (28/6/2024) lalu sekira pukul 07.30 WIB. 

"Selain itu, pelaku juga mengaku mencuri satu unit sepeda motor merk Honda Beat warna silver dengan plat nomor BN 6735 DE yang sedang terparkir di Masjid Sirottol Mustaqim di daerah Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa kabupaten Bangka barat pada 30 Juni 2024 lalu," beber Riza. 

Riza menerangkan, sebelum beraksi, pelaku terlebih dahulu berpura-pura salat di Masjid Ar-Raudhah. Usai salat pelaku melihat ada satu unit sepeda motor merk Yamaha Jupiter yang sedang terparkir di samping masjid dengan kunci kontak yang masih tergantung di sepeda motor.

"Jadi melihat hal tersebut, pelaku ini langsung menghidupkan motor tersebut dan membawa lari ke arah Mentok," kata Riza. 

BACA JUGA:Sembilan Kotak Amal Diamankan Karena Tak Berizin dan Uang Digunakan untuk Pribadi

BACA JUGA:Beraksi di 9 TKP, Spesialis Pencuri Kotak Amal Masjid Ditangkap Buser Naga

Kemudian di hari selanjutnya, dikatakan perwira balok tiga ini, sepeda motor Yamaha Jupiter yang dicuri pelaku tersebut rusak dan diletakkannya di masjid daerah Desa Nek Nang Kabupaten Bangka Barat. Kemudian pelaku menumpang kendaraan menuju ke daerah Desa Kelapa.

Sesampai di Kelapa, sambung Riza, pelaku berhenti di Masjid Sirotol Mustaqim lalu mengambil satu unit sepeda motor merk Honda Beat warna silver dengan plat nomor BN 6735 DE.

"Selanjutnya kita langsung mengamankan barang bukti berupa dua unit motor dan kotak amal, kemudian membawa pelaku ke Polresta Pangkalpinang untuk proses penyidikan lebih lanjut," pungkas Riza.(*)

Kategori :