BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Ombudsman Babel menerima penghargaan dari Pj. Guberner Babel, Safrizal ZA yang diterima langsung oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Babel yang diwakili Penata Keuangan. Penghargaan sebagai mitra dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Ombudsman Babel sebagai instansi eksternal melakukan penilaian terhadap standar pelayanan dan maklumat pelayanan pada tiap-tiap OPD sebagai hasil rapot kinerja 2023. Kegiatan penyerahan ini dilaksanakan di Gedung Graha Timah, Senin (02/04/2024).
Kepala Perwakilan Ombudsman Babel, Shulby Yozar Ariadhy menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Babel atas penghargaan yang diberikan. Ombudsman dalam melaksanakan tugas dan wewenang berpedoman pada asas-asas sebagaimana didalam UU 37 Tahun 2008. BACA JUGA:Warga Luar Tak Bisa Beli Solar di Babel, Begini Tindak Lanjut Ombudsman BACA JUGA:Ombudsman Babel Kumpulkan Data Kajian Cepat Distribusi Logistik Surat Suara Ombudsman Babel sejak tahun 2023 dan 2024 terlibat dalam penilaian rapot kinerja. Kami sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemprov Babel terhadap kinerja OPD dalam penyelenggaraan layanan, tidak hanya itu tentunya Ombudsman Babel berharap kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat semakin baik “Ombudsman Babel melakukan penilaian terhadap ketersediaan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, yang dinilai apakah sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, yaitu UU Nomor 25 Tahun 2009 dan Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014. Dari hasil tersebut, Ombudsman Babel menyampaikan beberapa masukan terhadap upaya perbaikan dan peningkatan layanan," ujar Yozar. BACA JUGA:Lewat Posko Pengaduan, Ombudsman Babel Terima Ratusan Aduan Infrastruktur dan Air BACA JUGA:Sabet Dua Penghargaan, Ombudsman Babel Juara Umum Kehumasan Ombudsman RI Tahun 2024 Yozar menambahkan dalam penilaian rapot kinerja, pada dasarnya masih ada beberapa OPD yang menganggap pelayanan publik hanya sebatas layanan administrasi saja, sehingga tidak perlu menyusun dan menetapkan standar pelayanan dan maklumat pelayanan. Padahal secara aturan setiap penyelenggara pelayanan publik wajib melakukannya, dikarenakan dalam UU 25 Tahun 2009 terdapat sanksi administrasi kepada penyelenggara/pelaksana yang tidak memenuhi kewajibannya. “Pasal 5 Ayat 4 UU 25 Tahun 2009 secara jelas menyatakan bahwa ruang lingkup pelayanan publik terdiri dari administrasi, barang, dan jasa. Tentunya tiap-tiap OPD memiliki layanan yang diberikan kepada masyarakat, kami harap Pemprov Babel agar dapat terus mendorong OPD menyusun dan menetapkan standar pelayanan. Standar pelayanan merupakan bagian dari acuan kepastian hukum atas layanan yang diberikan kepada masyarakat," ungkap Yozar. Yozar berharap dengan adanya penilaian ini diharapkan terus meningkatkan dan memperbaiki layanan kepada masyarakat, sekaligus kegiatan penilaian rapor kinerja ini dapat dilangsungkan setiap tahunnya. (*) BACA JUGA:Ombudsman Babel Bahas Review Standar Pelayanan Publik BPMP Provinsi Babel, Ini Masukannya BACA JUGA:Kantah Se-Babel Zona Hijau, Ombudsman Harap Jadi Momentum Bangun Zona IntegritasTerlibat Dalam Penilaian Rapot Kinerja Tahun 2023, Ombudsman Babel Terima Penghargaan dari Pj. Gubernur Babel
Rabu 03-04-2024,08:29 WIB
Reporter : Julian
Editor : Jal
Tags : #shulby yozar ariadhy
#penilaian pelayanan publik
#penghargaan
#ombudsman babel
#kepala ombudsman babel
Kategori :
Terkait
Kamis 06-03-2025,14:55 WIB
Ombudsman Jemput Bola Layanan Aduan ke Persatuan Tunanetra Indonesia Babel
Jumat 21-02-2025,19:42 WIB
Ombudsman Babel Minta Konsolidasikan Data Penyaluran BBM Bersubsidi Bagi Nelayan
Kamis 20-02-2025,16:36 WIB
Dukung Peningkatan PAD, Pemkab Bangka Beri Penghargaan ke Kejaksaan & Polres
Rabu 19-02-2025,17:10 WIB
PT Timah Raih Penghargaan Digital Sustainability Awards 2025
Jumat 14-02-2025,19:27 WIB
Soal Potensi Maladministrasi SHM, Kantah Basel Datangi Ombudsman Babel, Ini Penjelasannya
Terpopuler
Selasa 18-03-2025,20:15 WIB
DPRD Babel Sambut Kepulangan Korban TPPO Myanmar, Upaya Penyelematan Berbuah Hasil
Selasa 18-03-2025,20:22 WIB
DPW Partai Perindo Babel Berbagi Takjil dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu
Rabu 19-03-2025,13:17 WIB
BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang Upayakan Peningkatan Kepesertaan BPU
Rabu 19-03-2025,14:53 WIB
BPJS Kesehatan Pastikan Akses Layanan JKN Tetap Terbuka Selama Libur Lebaran 2025
Selasa 18-03-2025,22:16 WIB
Sabtu PSU 4 TPS Desa Sinar Manik Jebus Siap Digelar
Terkini
Rabu 19-03-2025,19:11 WIB
Gerakan Pangan Murah, Ikhtiar Pemkot Stabilkan Harga
Rabu 19-03-2025,18:06 WIB
Menjelang PSU, Bawaslu Perketat Pengawasan di Desa Sinar Manik
Rabu 19-03-2025,18:01 WIB
Kanwil Kemenkum Babel Harmonisasikan 2 (Dua) Ranperkada Belitung Timur
Rabu 19-03-2025,16:07 WIB