544 Wanita se Babel Tes Iva dan Sadanis Gratis Bersama DWP Kanwil Kemenag Babel

Rabu 10-08-2022,12:10 WIB
Reporter : Rel
Editor : Jal

PANGKALPINANG - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, membuka kegiatan Tes Iva & Sadanis Gratis "Yuk Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara" yang berlangsung di Gedung Serba Guna Asrama Haji Embarkasi Bangka Belitung, Rabu (10/08/2022).

Tes Iva dan Sadanis Gratis ini diselenggarakan secara serentak oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Republik Indonesia di 34 Provinsi seluruh Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan BKKBN. Secara nasional acara ini dibuka secara resmi oleh Penasehat DWP Kementerian RI, Eny Retno Yaqut Kholil di UIN Bandung Jawa Barat.

Kakanwil Kemenag Babel didampingi Ketua DWP Kanwil Kemenag Babel Fitriyani menyebutkan acara ini diikuti sebanyak 544 peserta tersebar di 7 kabupaten/ kota se Babel dan IAIN SAS. Orang nomor satu di Kanwil Kemenag Babel ini mengucapkan terima kasih atas dukungan Dinas Kesehatan, BKKBN, dunia industri dan Baznas Babel. Sehingga acara ini dapat berlangsung sukses.

"Tes Iva dan Sadanis gratis ini merupakan bagian dari ibadah dan ikhtiar untuk mencegah terjadi kanker serviks dan payudara yang merupakan salah satu kanker pembunuh wanita terbesar di Indonesia.Sebab itu perlu dicegah dengan meningkatkan kesadaran dan deteksi diri sedini mungkin," ajak Tumiran Ganefo.

Kepala Dinas Kesehatan Babel, dr.Andri Nurtito diwakili Sri Hartati menyebut perlunya langkah percepatan bagi setiap kaum hawa untuk memeriksa kesehatannya sedini mungkin, terlebih menyangkut kesehatan reproduksi.

"Jangan takut dan malu untuk periksa sedini mungkin demi masa depan kita. Sebab itu upaya ini harus terus dilaksanakan berkelanjutan dan menjadi rantai informasi tak terputus bagi masyarakat luas," tambahnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Babel, Fazar Supriadi Sentosa mengapresiasi suksesnya sosialisasi ini yang sekaligus telah ikut mendukung program BKKBN terkait peningkatan kesehatan reproduksi dan ketahanan keluarga yang menjadi hal penting tak terpisahkan. "Sebab untuk keutuhan keluarga juga perlu didukung kesehatan fisik serta rohani yang mumpuni," sebutnya.

Ketua Baznas Babel, Arif Maggu mengatakan pihaknya siap mendukung berbagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Bangka Belitung karena kesehatan adalah nikmat terbesar dan mahal dari Allah SWT yang harus selalu disyukuri dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

"Terlebih lagi arti kesehatan bagi kaum wanita. Karena wanita adalah tiangnya agama dan bangsa, namun hal ini juga perlu ikut didukung oleh kaum pria," dorongnya lagi.

Sebelumnya, Penasehat DWP Kemenag RI, Eny Retno Yaqut mengatakan bahwa kegiatan kolaborasi bersama Kementerian Kesehatan dan BKKBN ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT RI ke-76 sekaligus Kemenag RI berinisiatif membantu tugas pemerintah dalam menanggulangi bertambahnya angka kasus kematian akibat kanker serviks dan payudara di Indonesia.

"Upaya semacam ini perlu terus difollow up, sehingga kita berharap terus ikut andil memberikan edukasi, kesadaran dan kepedulian bagi kaum perempuan di Indonesia pentingnya melakukan langkah sedini mungkin dalam pencegahan kanker serviks dan payudara," tambah Istri Menteri Agama RI, Yaqut Kholil ini. (**)

Kategori :