Pemkab Bangka Tingkatkan Mitigasi Keamanan Objek Wisata

Pemkab Bangka Tingkatkan Mitigasi Keamanan Objek Wisata

Boy Yandra --

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka meningkatkan tindakan mitigasi keamanan dan keselamatan objek wisata karena destinasi wisata memiliki resiko bahaya yang tinggi bagi wisatawan.

BACA JUGA:Vivo Siapkan X200, Ini Bocoran Spesifikasinya

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Selasa saat membuka pelatihan dan keselamatan daya tarik wisata.

Ia menyebut resiko itu diperlukan mitigasi sejak awal dan perlu juga diperhitungkan langkah-langkah pencegahan keselamatan dan keamanan.

Tindakan pencegahan sebagai upaya memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung di objek wisata.

BACA JUGA:35 Anggota DPRD Bangka Periode 2024-2029 Dilantik, Ini Nama-namanya

"Kita ketahui keselamatan bagi wisatawan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dan ditingkatkan di setiap destinasi wisata," jelas dia.

Prosedur keselamatan dan keamanan dalam berwisata kata Boy Yandra, merupakan bentuk upaya agar wisatawan mendapatkan hak keamanan serta kenyamanan mulai dari kedatangan sampai kepulangan.

BACA JUGA:Personel Polresta Pangkalpinang Berhasil Raih Medali Perak Cabor Lompat Jauh Putra di Ajang PON XXI Aceh-Sumut

Menurutnya, penyelenggara keamanan dan keselamatan harus dipahami oleh pengelola destinasi wisata sesuai dengan standar keselamatan.

Wisatawan yang melakukan kunjungan dapat mengevaluasi layanan keselamatan dan keamanan yang diterapkan oleh pengelola wisata.

BACA JUGA:Bateng Siapkan Rp2,1 Miliar untuk Bantu Pokdakan

"Penerapan keselamatan wisatawan di objek wisata harus ditangani serius karena menjadi tanggung jawab bersama," katanya.

Boy Yandra menyarankan ke dinas berwenang supaya membentuk tim keselamatan objek wisata dengan melibatkan sejumlah lembaga seperti, BPBD, Basarnas, kesehatan, Satpol PP, relawan dan pemangku kepentingan yang lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: