Begini Langkah Disparbud Bangka Tumbuhkan Sektor Pariwisata

Begini Langkah Disparbud Bangka Tumbuhkan Sektor Pariwisata

Pembukaan pelatihan pengelolaan Pariwisata Kabupaten Bangka. --Foto: Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka mengelar kegiatan Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata tahun 2024 di Tanjung Pesona Beach Resort Sungailiat, Selasa (3/9/2024).

Kepala Disparbud Bangka Rismy Wira Madonna mengatakan kegiatan ini langkah penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Bangka.

Kabupaten Bangka merupakan sebuah daerah yang memiliki potensi wisata mulai dari keindahan alam, keragaman budaya, dan juga sejarahnya. Namun tantangan dalam mengelola destinasi pariwisata berkelanjutan yang dapat menghasilkan keuntungan maksimal masih menjadi masalah yang dihadapi oleh para pelaku industri pariwisata. 

"Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para pelaku industri pariwisata tentang konsep dan praktik tata kelola bisnis yang efektif," jelasnya.

BACA JUGA:Pemkab Bangka Latih 40 Pemandu Wisata Outbound

BACA JUGA:Pemkab Bangka Apresiasi Mada Fest 2024 yang Bangkitkan Ekonomi Wisata

Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan mampu memberikan gambaran dalam menyusun strategi pengembangan destinasi pariwisata yang berkelanjutan. 

"Manfaat lain yang dapat diambil dari pelatihan ini adalah memperkuat kemampuan mereka dalam mengelola aspek-aspek kunci seperti pemasaran pariwisata, pengelolaan sumber daya manusia, pengembangan produk pariwisata, dan pemeliharaan infrastruktur pariwisata," tambahnya. 

Ditambahkan Rismy, pelatihan ini ditujukan khusus untuk para pelaku industri pariwisata yang ada di Kabupaten Bangka dengan melakukan presentasi, studi kasus, diskusi kelompok, dan latihan praktis untuk memungkinkan para peserta untuk memahami konsep-konsep yang diajarkan secara lebih mendalam dan menerapkannya.

BACA JUGA:Peserta Pelatihan Pariwisata Diharap Majukan Desa Wisata

BACA JUGA:Supaya Berkualitas, Pengelola Wisata Desa di Kabupaten Bangka Dibekali Pelatihan

Pelatihan diikuti 40 orang selama dua hari, 3 - 5 September 2024 di Tanjung Pesona Hotel and Resort.

Dari pelatihan ini diharapkan ada peningkatan kemampuan para pelaku industri pariwisata dalam merencanakan dan mengelola bisnis pariwisata secara efektif, meningkatkan kualitas produk pariwisata serta meningkatkan daya saing destinasi pariwisata secara keseluruhan. 

"Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengembangkan sektor pariwisata yang berkelanjutan dan berpotensi menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi Kabupaten Bangka," harap Rismy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: