Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Mengolah Siput Gonggong Menjadi Frozen Food di Kelurahan Mantung

Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Mengolah Siput Gonggong Menjadi Frozen Food di Kelurahan Mantung

--

 

BABELPOS.ID, - Mahasiswa KKN Unmuh babel bersama bapak Ande Saputra, S.I.P. selaku Lurah mantung dan bapak Surgandi selaku kepala Lingkungan Kelurahan mantung menjumpai para pemilik UMKM Kelurahan Mantung, yang terletak di kawasan pesisir (12/8/2024).

Warga memanfaatkan potensi lokal untuk mengembangkan usaha mandiri, mulai dari produk makanan olahan, kerajinan tangan, hingga produk pertanian organik.

Kelurahan mantung merupakan daerah pesisir yang masyarakatnya mayoritas nelayan. Beberapa hasil laut yang terdapat di kelurahan mantung seperti ikan kepetek, udang, cumi-cumi, dan siput gong-gong.

Siput gong-gong (Laevistrombus sp.) merupakan sejenis siput laut termasuk kedalam  kelompok  hewan  famili Strombidae, filum Mollusca kelas  Gastropoda.

BACA JUGA:Mendaftar ke KPU, Molen: Hadapi Pilkada dengan Senyuman

Daging  siput  gonggong telah dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi makanan.

Kelurahan mantung sendiri memiliki potensi siput gong-gong namun belum secara optimal dapat dipasarkan dengan baik.

Beberapa produk olahan siput gong-gong yang dijual masih terbilang cukup mahal seprti  siput gonggong yang dijual dalam bentuk kripik harga perkilo mencapai Rp. 400.000.00, demikian halnya siput gong-gong yang dijual dalam bentuk olahan kering.

Berdasarkan potensi tersebut maka tim KKN Kedisinian Unmuh Babel memberdayakan kelompok Wanita tani untuk berinovasi mengembangkan produk olahan siput gong-gong menjadi produk Frozen Food.

BACA JUGA:Ini Temuan Ombudsman Babel Soal Kepatuhan Pelayanan Publik di Babel

frozen food menjadi tren dalam masyarakat perkotaan di Indonesia.

Hal ini karena masyarakat menganggap frozen food adalah makanan olahan yang praktis, aman dikonsumsi, dan mengandung nilai gizi.

Peningkatan permintaan produk frozen food dan beragamnya pilihan produk menuntut konsumen untuk memilih suatu produk olahan pangan terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: