Petani Rias Keluhkan Bantalan Air Embung Yamin, Riza Pantau Langsung ke lapangan, Begini Katanya

Petani Rias Keluhkan Bantalan Air Embung Yamin, Riza Pantau Langsung ke lapangan, Begini Katanya

Bupati Riza Herdavid saat memantau embung Yamin.--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Keluhan petani desa Rias Kabupaten Bangka Selatan (Basel) langsung ditindak lanjuti oleh Bupati Basel Riza Herdavid dengan turun langsung memantau embung Yamin.

Saat memantau terlihat para petani sedang melakukan pompanisasi dengan mengalirkan air ke jalur pengairan yang menuju sawah para petani.

"Kita pantai langsung apa yang menjadi keluhan para petani ini terkait bantalan air di embung Yamin, dan sekarang solusi itu sudah ada dengan melakukan pompanisasi," sebut Riza Herdavid, Kamis (22/08).

BACA JUGA:Jalan Produksi Sawah Rias Rusak Parah, Belasan Tahun Tak Diperhatikan

BACA JUGA:Proyek Rehab Irigasi 2023-2024 Tepat Waktu, Masyarakat Petani Rias: Terima Kasih Pak Presiden...

Kendati sudah ada solusi dengan pompanisasi, tidak menutup kemungkinan pihaknya bersama dinas terkait akan mencari solusi lainnya agar kejadian yang dikeluhkan para petani ini tidak mengulang terus menerus setiap tahunnya.

Selain itu, pihaknya juga mengintruksikan kepada dinas terkait agar terus melakukan pemantauan agar para petani jangan sampai mengalami gagal panen karena permasalah pengairan, karena akan merugikan para petani.

"Kita himbau kepada para petani jangan panik, karena kami melalui dinas terkait akan mencarikan solusi yang terbaik agar jangan sampai terjadi hal yang merugikan para petani," sebutnya.

BACA JUGA:Desa Rias Sudah Memiliki RMU Canggih, Ini Harapan Bupati Riza

BACA JUGA:Pemkab Basel Gelontorkan Dana Miliaran Untuk Pertanian di Rias, Ini Peruntukkannya

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (DPPP) Basel Risvandika menyampaikan, pihaknya akan terus memantau pompanisasi ini agar pasokan air yang dibutuhkan para petani ini tercukupi.

"Kita pantai nantinya agar para petani tidak dirugikan," tuturnya.

Mengenai masalah bantalan air di embung Yamin, pihaknya akan berkoordinasi dahulu dengan Balai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selaku pihak yang membangun dengan dana APBN.

"Kita koordinasi dulu dengan pihak Balai Babel, bagaimana solusi masalah bantalan yang dikeluhkan para petani ini," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: